suplemenGKI.com

Selasa, 24 Mei 2016

23/05/2016

1 Raja-raja 8:31-40

RUMAH ALLAH, RUMAH DAMAI SEJAHTERA

 

PENGANTAR
Damai sejahtera akan lenyap dari hidup kita apabila kita terlibat dalam konflik atau jatuh dalam dosa. Ketika terlibat dalam konflik kita berseteru dengan sesama kita. Ketika jatuh dalam dosa kita berseteru dengan Allah.Kedua bentuk perseteruan itu merampas damai sejahtera dari kehidupan kita. Bait Allah yang baru ditahbiskan itu mempunyai peran yang penting untuk mengakhiri kedua bentuk perseteruan itu dan memulihkan damai sejahtera dalam kehidupan umat-Nya.

PEMAHAMAN
Ay. 31-32   Pada waktu itu, ketika seseorang terlibat dalam konflik dengan sesamanya dan dituduh bersalah, maka ia harus bersumpah di depan mezbah. Mengapa demikian? Apa peranan rumah Allah dalam konflik ini?

Ay. 33-40   Bencana apa sajakah yang disebutkan di sini? Apa hubungannya dengan dosa? Apa peranan rumah Allah dalam hal ini?

Pada masa itu, membuktikan kesalahan atau dosa seseorang tidaklah mudah. Karena itu, sumpah sering digunakan sebagai cara untuk mendapatkan kebenaran. Melalui sumpah itu, baik orang yang dituduh dan orang yang menuduh sepakat untuk menyerahkan perkara mereka kepada Tuhan. Karena itu, Salomo berdoa agar apabila sumpah itu dilakukan di depan mezbah Tuhan di Bait Allah, maka Tuhan akan mendengarnya dan menyatakan kebenaran kepada mereka. Dengan demikian, kedua belah pihak yang terlibat dapat mengakhiri perseteruan mereka.

Ada berbagai bencana yang disebutkan di bagian ini: kekalahan dalam perang, kekeringan, kelaparan, penyakit sampar, penyakit dan hama tanaman, dan sebagainya. Apakah semua bencana itu berhubungan secara langsung dengan dosa?  Tidak selalu demikian. Namun, setiap kali bencana terjadi, umat Tuhan harus mawas diri. Bencana-bencana itu juga sering dipakai oleh Tuhan untuk menegur umat-Nya agar menyadari kesalahan yang telah diperbuatnya.  Dalam hal inilah Bait Allah mempunyai peran yang penting. Di Bait Allah inilah umat Tuhan memanjatkan doa pertobatan. Dengan demikian, hubungan mereka dengan Allah akan pulih kembali dan bencana yang mereka hadapi dapat diatasi.

REFLEKSI
Umat Tuhan masa kini juga tidak dapat sepenuhnya terhindar dari konflik dengan sesama. Umat Tuhan masa kini juga dapat jatuh dalam dosa yang mendatangkan berbagai macam bencana dan penderitaan dalam kehidupan mereka. Jika hal ini terjadi pada umat Tuhan di gereja kita, sudahkah kita berperan aktif untuk menolong mereka dan memulihkan damai sejahtera dalam kehidupan mereka?

TEKADKU
Tuhan, pakailah kami untuk menolong mereka yang sedang berseteru dan membimbing mereka yang jatuh dalam dosa, serta memulihkan damai sejahtera dalam kehidupan mereka.

TINDAKANKU
Selama tiga hari ke depan, saya akan mendoakan orang-orang yang saya tahu sedang terlibat dalam perseteruan dan yang sedang jatuh dalam dosa. Saya akan berdoa bagi mereka agar Tuhan memulihkan damai sejahtera dalam kehidupan mereka.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«
Next Post
»