suplemenGKI.com

BUKAN HANYA TAHU

Kolose 1:9-14

 

PENGANTAR
Jemaat Kolose adalah salah satu jemaat yang didirikan Paulus.  Jika kita memperhatikan, dalam setiap surat yang ditujukan kepada jemaat yang didirikan, Paulus selalu ingin memastikan keadaan dan pertumbuhan iman jemaatnya.  Yang patut kita teladani adalah Paulus bukan hanya tahu keadaan dan pertumbuhan iman jemaatnya tetapi selalu mendoakannya.  Keinginan Paulus untuk tahu keadaan jemaat bukan hanya sekadar ‘supaya tahu’ tetapi menjadi bagian dalam doanya.  Mari kita belajar seperti Paulus!

PEMAHAMAN

  • Ayat 9: Sejauhmana Paulus berdoa bagi jemaatnya?
  • Ayat 9-12: Apa isi doa Paulus untuk jemaat Kolose?
  • Pada saat kita ingin tahu kabar orang-orang di sekitar: jemaat, teman pelayanan, keluarga yang tinggal jauh; apakah kita juga mendoakan mereka?

Jemaat Kolose termasuk jemaat yang bertumbuh dalam iman kepada-Nya.  Jemaat Kolose termasuk jemaat yang istimewa di hati Paulus.  Mengapa demikian?  Apa buktinya?  Buktinya, berita pertumbuhan jemaat yang terdengar sampai ke telinga Paulus, menjadi dasar permohonan Paulus yang tiada putus-putusnya (ayat 9a).   Bagi jemaat Kolose, pokok doa Paulus ini  merupakan dukungan sekaligus kebutuhan rohani yang sangat penting (ayat 9b).

Melalui perikop ini, kita temukan isi doa Paulus bagi jemaat Kolose.  Pertama, Paulus memohon hikmat dan pengertian agar jemaat mengetahui kehendak Allah.  Kedua, agar jemaat hidup layak dan berkenan di hadapan Allah (ayat 10a).  Ketiga, agar jemaat memberi buah dalam segala pekerjaan baik, dan bertumbuh dalam pengetahuan yang benar tentang Allah (ayat 10b).  Keempat, agar jemaat diberikan kekuatan untuk dapat menanggung segala sesuatu dengan tekun dan sabar (ayat 11a).  Kelima, agar jemaat selalu mengucap syukur kepada Allah (ayat 12a).

Melalui isi doa yang dikirimkan ini kepada jemaatnya ini, sekaligus Paulus mengingatkan jemaat bahwa pertumbuhan dan perkembangan iman yang sekarang terjadi dalam jemaat semata-mata karena anugerah Allah yang berkenan memperbaharui hidup dan mengaruniakan status yang baru sebagai anak-anak-Nya.  Hal itu dikatakan Paulus agar jemaat Kolose tidak menyombongkan diri karena pertumbuhan yang mereka miliki.  Tidak menganggap bahwa hal-hal baik yang mereka bisa lakukan itu bukan karena kebaikan mereka.  Pertumbuhan iman dan perkembangan jemaat semata-mata pemberian-Nya.  Paulus mengajak jemaat Kolose bersyukur, ucapan syukur yang lahir karena menyadari bahwa pertumbuhan dalam jemaat adalah Anugerah Allah (ayat 12)

REFLEKSI
Renungkan dalam keheningan:  Pernahkah kita ingin tahu keadaan dan pergumulan orang di sekitar kita tetapi hanya sekadar ingin tahu?  Bukan sebagai pokok doa.  Pernahkah kita mengatakan kepada orang di sekitar yang membutuhkan dukungan doa, dan kita katakan kita akan mendoakan tetapi tidak mendoakannya?  Salah satu wujud pertumbuhan iman dan kasih kita kepada Tuhan adalah saat kita tidak hanya berdoa untuk diri kita sendiri tetapi punya waktu untuk mendoakan orang-orang di sekitar yang kita layani.

TEKADKU
Ya Tuhan, tolonglah agar aku punya ketekunan berdoa bukan hanya bagi diri sendiri tetapi bagi orang-orang disekitar yang aku layani, sebagai wujud imanku kepada-Mu. 

TINDAKANKU
Dalam waktu satu minggu ini aku berdoa untuk ……… (sebutkan nama orang-orang yang ingin kita doakan) agar ……..  Dan selanjutnya aku akan menyusun pokok doa bagi orang-orang di sekitarku.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«