suplemenGKI.com

Bacaan : Lukas 2 : 1 – 7

Tema : Berilah tempat bagi Yesus

Pengantar
Dalam bacaan kita mencatat bahwa, tidak ada tempat bagi mereka ( Yusuf dan Maria ) dirumah penginapan. Seringkali di dalam drama natal gereja, adegan ini mengisahkan Yusuf dan maria yang sedang hamil tua tergopoh-gopoh mengetuk  penginapan demi penginapan yang hasilnya hanya menemui penolakan. Semua yang ditemui mengatakan, “penginapan sudah penuh”. Mengapa penuh ? Saat itu semua orang sedang sibuk pulang kampung karena sensus yang diadakan oleh Kaisar Augustus. Jadi memang semua penginapan penuh dan yang tersisa hanyalah kandang binatang.

Pemahaman

  1. Mengapa Allah yang mewujud dalam rupa manusia harus lahir di kandang hewan ? ayat 4 – 7.
  2. Mengapa Dia mau melakukan itu ?

Pertanyaan, mengapa Yesus harus lahir di kandang hewan, terus menjadi pertanyaan sampai sekarang. Bahkan disambung dengan pertanyaan mengapa tidak lahir di rumah sakit bersalin ? atau lahir di istana Raja ? jawabannya : Tidak ! Karena justru di tempat yang paling pertama untuk menyatakan kehadiran-Nya di tengah dunia ini adalah di sebuah kandang yang hina. Sebenarnya tidak sulit bagi Tuhan untuk memerintahkan para malaikat untuk menyediakan tempat yang sangat layak dan mulia pada waktu itu. Tapi justru Dia membiarkan Diri-Nya hadir di dalam dunia sebagai manusia justru di tempat yang paling hina. Dan itu merupakan kabar baik dari peristiwa Natal.

Yesus lahir di kandang hina supaya orang-orang yang merasa dirinya adalah seorang yang hina atau paling hina dapat menjumpai Yesus. Jika Yesus dahulu lahir di istana raja, maka para gembala tidak mungkin akan datang menghampiri-Nya. Jika Yesus lahir di istana raja, bagi para majus tidak sulit untuk datang dan menghampiri Yesus di sana. Tapi untuk para gembala itu merupakan hal yang paling sulit. Yesus lahir di kandang hina, agar Dia bisa dijumpai oleh siapa saja.

Hari ini Yesus tidak butuh kandang. Dia butuh tempat yang lain di dalam bagian hidup kita. Supaya Dia bisa melakukannya sekali lagi, mengubah hidup kita. Untuk itu, adakah tempat bagi Yesus, agar hari ini Dia bisa hadir dan terlahir di dalam hidup/hati kita ? Berikanlah tempat bagi Yesus hadir dan lahir di hatimu ? dan ijinkanlah Yesus berkarya di hidupmu yang penuh dengan beban, pegumulan, kepenatan niscahya Dia akan mengubahkanmu, memberi kekuatan dan damai sejahtera.

Refleksi
Marilah kita merenungkan : Pergumulan, persoalan apakah yang sedang anda hadapi saat ini ? Sudahkah anda menyediakan/memberi tempat bagi kehadiran Yesus di hati anda ?

Tekadku
Ya Yesus, saat ini saya membuka hati saya yang hina ini sebagai tempat Yesus hadir dan berkarya.

Tindakanku
Saya akan terus bersyukur dan menceritakan kasih Kristus kepada sesama.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«