suplemenGKI.com

PIMPINAN TUHAN

Kisah Para Rasul 8:26-30, 39-40

Pengantar
Bagaimana respon Anda ketika Anda diminta untuk melakukan pelayanan yang tidak pernah Anda lakukan? Menghindar atau tetap mengambil pelayanan itu sebagai sarana untuk semakin diperlengkapi oleh Tuhan. Richard Foster berkata, kepatuhan pada satu hal membuahkan kepatuhan pada hal-hal yang lainnya. Dengan kata lain kepatuhan melahirkan kepatuhan. Filipus tidak sempat melihat buah dari pelayanan sebelumnya. Namun hal itu tidaklah penting bagi dia, yang terpenting adalah kepatuhan Filipus ketika ia mau dipakai dan dipimpin oleh Allah. Apa saja yang Allah kerjakan pada diri Filipus?

Pemahaman

  • Ayat 26-30    : Siapakah Filipus? Kemanakah Malaikat Tuhan memerintahkan Filipus memberitakan Injil? Bagaimana respon ketika Roh Kudus memimpinnya??
  • Ayat 39-40    : Setelah sida-sida dari Etiopia dibaptis apa yang terjadi dengan Filipus? Apa arti dari semua ini?

Filipus adalah seorang diaken, dia adalah salah seorang dari tujuh orang yang dipilih untuk melayani jemaat di Yerusalem (Kis. 6:1-7). Dengan adanya penganiayaan terhadap gereja yang disusul oleh martirnya Stefanus, Filipus pergi ke Samaria untuk memberitakan Injil. Pelayanan Filipus di Samaria menjadi semakin berkembang, dan banyak orang yang menerima berita tentang Injil. Malaikat Tuhan memerintahkan Filipus untuk pergi ke Gaza. Setelah dipakai Tuhan untuk memenangkan banyak orang di Samaria, Tuhan memimpin Filipus melalui malaikat-Nya untuk memberitakan Injil kepada seorang sida-sida dari Etiopia. Roh Kudus memerintahkan Filipus untuk memberitakan Injil kepada sida-sida itu. Di dalam ayat 29 digambarkan bagaimana Filipus hanyalah utusan dari Roh Kudus. Roh Kuduslah yang mengerjakan semua pekerjaan pengabaran Injil, tetapi Roh Kudus selalu bekerja memakai orang-orang yang dipilih-Nya untuk melayani Kristus. Filipus pun mendekati kereta sida-sida itu dan memberitakan Injil kepadanya.

Setelah Filipus membaptis sida-sida itu dan keluar dari air, Roh Tuhan tiba-tiba melarikan Filipus dan sida-sida itu tidak melihatnya lagi. Filipus berada di Asdod. Ia berjalan melalui daerah itu dan memberitakan Injil di semua kota sampai ia tiba di Kaisarea. Roh Kudus kembali memimpin Filipus untuk melakukan pekabaran Injilnya. Roh Kudus memimpin dan yang menyertai Filipus dalam pelayanannya.

Refleksi
Renungkanlah: Pelayanan atau pekerjaan apakah yang sekarang sedang anda kerjakan? Percayalah bahwa Roh Kuduslah yang memimpin saudara untuk melakukan pelayanan itu. Sesulit apapun pelayanan Anda, Roh Kudus pasti akan memampukan saudara untuk melakukan pelayanan bagi Tuhan untuk kemuliaan nama-Nya.

Tekadku
Ya Tuhan, tolong saya untuk peka terhadap pimpinan Roh Kudusmu, untuk bisa menjalan setiap rencana dan kehendak-Mu di dalam kehidupan kami. Serta ajarkan saya untuk selalu taat dan percaya kepada-Mu

Tindakanku
Saya mau melakukan pelayanan apa saja yang Tuhan percayakan kepada saya di gereja, masyarakat, maupun dalam pekerjaan. Saya percaya Roh Tuhan pasti akan memampukan saya.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«