suplemenGKI.com

Mazmur 112 : 1 – 2.

Kebahagiaan orang yang takut akan Tuhan.

Mazmur kebijaksanaan ini melukiskan kebahagiaan orang benar, dan orang benar yang berbahagia itu memberi pinjaman kepada orang lain terutama orang miskin. Orang seperti ini layak mendapat dihormati.

  1. Ayat 1 – Apa arti dari “takut akan Tuhan ? mengapa orang yang takut akan Tuhan disebut berbahagia ?
  2. Ayat 1b – siapa orang yang takut akan Tuhan ? Bagaimana menjalani kehidupan dengan takut akan Tuhan ?

RENUNGAN.

“Berbahagialah orang yang takut akan Tuhan”, pernyataan ini kelihatannya janggal. Seorang yang takut akan Tuhan tidak mungkn disebut berbahagia, karena jiwanya tertekan dan tidak tenang. Namun pengertian takut akan Tuhan dapat dikatakan sama artinya dengan, “hormat kepada” atau “kagum akan”.  Jadi takut akan Tuhan berarti hormat kepada Tuhan dan kagum kepada Tuhan. Dan bagaimana seseorang dapat memberi hormat kepada Tuhan dan kagum kepada Tuhan ? Penghormatan kepada Tuhan harus dinyatakan dalam kehidupan orang percaya, baik dalam ibadahnya maupun dalam sikap hidup sehari-hari. Keduanya harus mencerminkan pola hidup yang harmonis. Rasa hormat kepada Allah harus timbul ketika seseorang sedang berhadapan dengan Tuhannya, dimana ada puji dan sembah yang dinaikkan kepadaNya. Dalam puji dan sembah itu Tuhan akan menyatakan kebaikanNya.

Tuhan memang selalu menyatakan kebaikanNya kepada mereka yang hidup “takut akan Dia”, dalam segala hal. Dan kebaikan Tuhan itu bisa berupa penyertaan, bimbingan, pemeliharaan, kekuatan dalam menghadapi pencobaan, kemurahan dan lain sebagainya. Hal itu diberikan Tuhan agar orang yang hidup takut akan Dia semakin melekat kepadaNya, dan ketika hidup orang yang takut akan Tuhan semakin melekat pada Tuhan maka ia akan merasakan kebahagiaan. Dan kebahagiaan itu harus memancar dalam kehidupannya.

Jika seseorang hidupnya semakain takut akan Tuhan, maka ia akan semakin kagum atau mengagumi Tuhan, dan dalam kekaguman itu akan lahir pujian yang mengagungkan nama Tuhan. Dan itu akan menimbulkan sikap hidup yang positif dimana orang dapat menjalani kehidupannya dengan semakin mengabdi kepada Tuhan, bahkan semakin mengasihi Tuhan, semakin meningkatkan ibadahnya kepada Tuhan dan semakin bersedia melakukan kehendak Tuhan. Sangat luar biasa !

Siapapun orangnya pasti kepingin menjalani kehidupan ini dengan “takut akan Tuhan”, termasuk saya dan saudara ! akan tetapi bagaimana kita bisa memulai hidup yang takut akan Tuhan ? mulailah hidup saudara dengan setia beribadah ! jika dalam ibadah anda diberkati, ditegur, dikuatkan oleh Firman Allah lanjutkankan dalam persekutuan pribadi. Dalam persekutuan pribadi dengan Tuhan saudara dapat mengalami pertumbuhan rohani dan perubahan maka anda akan semakin mengasihi Tuhan. Dan yang terakhir adalah melaksanakan kehendak Tuhan atau melakukan Firman Tuhan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian saudara menjadi orang yang hidup takut akan Tuhan. Amin.

“Hiduplah takut akan Tuhan”, maka saudara akan mengalami kebahagiaan yang sejati.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«