suplemenGKI.com

KERINDUAN KEPADA TUHAN

Mazmur 63 : 1 – 8

Pengantar
Setiap orang punya kerinduan dan harapan. Besar dan kecilnya kerinduan dan harapan sangat dipengaruhi oleh situasi dan pengalaman hidup yang dialami atau pernah dialami. Kerinduan dan harapan akan membuat hidup kita menjadi lebih baik dan indah, jika tertuju dan berkenaan dengan hal yang positif (benar). Melalui bacaan Alkitab pada hari ini, kita diajak ikut merasakan sebuah kerinduan dan pengharapan yang sungguh dan bersumber dari keyakinan yang kuat, maka mari kita membaca dan menyimak Mazmur 63 :  1 – 8 secara baik.

Pemahaman

Ayat 1 – 5            : Apa yang merupakan kerinduan atau harapan Pemazmur?

Ayat 6 – 8            :  Apa yang menjadi keyakinan Pemazmur?

Pemazmur memiliki kerinduan dan harapan yang kuat akan kehadiran TUHAN, yang diibaratkan dengan jiwa yang haus atau tanah yang kering dan tandus. Pemazmur mencari ALLAH dalam arti membawa kehidupannya kepada TUHAN untuk mendapatkan kesegaran dan pemulihan. Pemazmur memandang ke arah TUHAN dan melihat kemuliaan dan kekuatan TUHAN, serta merasakan aliran kasih setia TUHAN, yang membuat hatinya memuji dan memegahkan TUHAN. Hidup pemazmur dikenyangkan TUHAN.

Pemazmur sungguh meyakini TUHAN sebagai Penolong dan Penopang kehidupannya. Pemazmur mengingat TUHAN dalam perenungannya, dan melekatkan jiwanya pada perlindungan TUHAN, bagai berada dalam naungan sayap TUHAN yang kuat, dalam kekuatan tangan TUHAN.

Hidup dalam kerinduan dan harapan kepada TUHAN akan membuat pikiran kita mengingat dan jiwa kita melekat kepada TUHAN, serta mampu menghidupkan keyakinan kita akan kehadiran TUHAN yang memulihkan dan menguatkan hidup umat-NYA.

Refleksi
Dalam diam diri sejenak, marilah kita bertanya: “Apakah hidup kita juga sungguh rindu dan berharap kepada TUHAN? Apakah ada pribadi dan hal-hal lain yang membawa kesegaran dan pemulihan bagi hidup kita selain TUHAN? Dan bahwa kita telah hidup memuji TUHAN, Sang Penolong dan Penopang hidup yang sejati?”

Tekadku
TUHAN, tolonglah saya agar dapat memiliki kerinduan dan harapan yang sungguh-sungguh hanya tertuju kepada-MU, dan hidup memuji-MU selalu.

Tindakanku
Mulai hari ini, saya akan membiasakan diri untuk menyanyikan satu lagu pujian kepada TUHAN setiap hari untuk menghidupkan kerinduan dan harapan yang makin dalam kepada TUHAN.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«