suplemenGKI.com

Kisah Para rasul 11:11-18

 

Keselamatan Juga Disediakan Bagi Bangsa-Bangsa Lain (2)

 

Pengantar:
            Kadangkala orang tidak mudah mengerti begitu saja ketika mendengar suatu penjelasan, baik tentang suatu kejadian atau informasi. Dibutuhkan alat bukti yang kuat untuk meyakinkan pihak lain agar bisa mengerti dan memahami kejadian maupun informasi yang diceritakan. Apalagi jika kejadian atau informasi tersebut adalah merupakan topik yang dipermasalahkan, seperti orang-2 Yahudi yang mempermasalahkan tindakan Petrus bergaul dengan orang-2 non Yahudi dalam konteks ia memberitakan Injil Kristus dan membaptis Kornelius dan orang-2 yang percaya Kristus pada waktu itu. Hari ini kita melihat Allah mempertegas Misi-Nya tentang keselamatan juga disediakan bagi bangsa-2 lain melalui Petrus.

 Pertanyaan-pertanyaan penuntun:

  1. Siapakah orang-2 yang berdiri di depan rumah tempat Petrus menginap dalam cerita Petrus itu? (v.11)
  2. Mungkinkah Petrus akan berangkat ke Kaisarea, jika hanya berdasarkan permintaan para utusan dari saja? Faktor apa yang sangat mendorong Petrus sehingga ia segera berangkat ke Kaisarea? (v. 12)
  3. Apa tujuan utama Tuhan mengutus Petrus untuk berangkat ke Kaisarea? (v. 14-15)

Pemahaman:
            Pada Kis 10:30-31, ketika Kornelius berdoa, Tuhan meresponi doanya dengan menginstruksikan untuk mengutus utusan ke Yope tempat di mana Petrus saat itu berada. Terjadinya sebuah perjumpaan Kornelius dengan Tuhan dalam doa merupakan karya Tuhan yang sangat jelas bahwa Ia menghendaki agar keselamatan pun diberitakan kepada orang-orang yang dianggap tidak pantas oleh pandangan manusia. Kornelius menyadari betul bahwa dia dan orang-2nya sangat rindu mendengar apa yang Tuhan ingin sampaikan kepada mereka melalui hamba-Nya Petrus. Maka dia segera mengutus utusan untuk menjemput Petrus di Yope.

            Oleh kuasa Roh Kudus, seorang Petrus yang notabene adalah orang Yahudi asli, segera meresponi undangan Kornelius itu. Ada kemungkinan, jika saja Roh Kudus tidak menggerakan hati Petrus untuk berangkat ke Kaisarea, maka mungkin ia akan menolak permintaan itu (Lih. v. 12) Karena Petrus tentu sangat memahami konsekuensi yang akan ia terima sebagai dampak dari bergaul dengan orang-2 non Yahudi. Tetapi jika Tuhan yang bekerja untuk menyatakan karya keselamatan-Nya bagi manusia, maka tidak ada yang dapat menghambatnya.

            Melalui kehadiran dan pelayanan Petrus kepada orang-2 non Yahudi itu, Tuhan ingin menunjukan dua hal penting, baik kepada Petrus sendiri maupun kepada orang-2 Yahudi. Pertama: Petrus menjadi sadar bahwa dia harus keluar dari area nyaman (Yahudi) untuk memberitakan Injil Tuhan Yesus Kristus kepada orang-2 non Yahudi. Kedua: Agar Petrus tahu bahwa Roh Kudus juga dicurahkan kepada orang-2 yang selama ini dianggap rendah, kurang pantas oleh kalangan Yahudi. Ke tiga: Agar Petrus dan orang-2 Yahudi tahu bahwa pekerjaan Tuhan untuk menyelamatkan orang berdosa dari kalangan apapun sama sekali tidak bisa dibatasi oleh siapapun juga. Baik oleh tingkat religius seseorang, maupun  oleh tingkat status sosial. Kuasa Tuhan untuk menyelamatkan manusia dari dosa mampu menerobos apapun pembatasnya (band. v.18)

Refleksi:
            Mari berdiam diri sejenak, mungkin kita pernah menghambat orang lain untuk menerima keselamatan dari Tuhan, entah dengan cara apa! Ingat Tuhan tidak menghendaki hal demikian!

Tekad:
            Tuhan, ampuni saya jika saya pernah menghambat karya-Mu untuk menyelamatkan orang lain. Mungkin saya malu untuk menceritakan Injl kepada orang lain, atau melarang anggota keluarga untuk beribadah, melayani dan sebagainya. Ampuni saya Tuhan.

Tindakan: 
            Mulai hari ini saya mau menceritakan Injil kepada anggota keluarga saya yang belum percaya Tuhan. Mulai hari ini saya tidak akan menghambat anggota keluarga untuk beribadah atau melayani.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«