suplemenGKI.com

TUHAN MEMIMPIN BANGSA

Yesaya 2:4-5

 

Pengantar

Melihat kondisi di negara kita saat ini, mungkin membuat kita bertanya: apakah rencana Tuhan bagi negara kita? Harta, kekuasaan dan popularitas menjadi tujuan beberapa oknum yang mementingkan diri sendiri. Masalah politik dicampuradukkan dengan agama. Sehingga membuat keadaan bangsa menjadi tidak aman, kebenaran diputarbalikkan, menimbulkan keresahan bagi masyarakat. Di beberapa tempat lain, saudara kita seiman tidak bisa melakukan aktifitas dengan lancar dan bahkan mereka tidak bisa beribadah dengan tenang oleh adanya berbagai macam ancaman. Namun, kondisi seperti ini jangan sampai membuat kita kehilangan harapan, kita harus percaya bahwa ini semua adalah bagian dari rencana Tuhan. Tuhan sudah menetapkan suatu waktu pada hari-hari akhir. Apakah yang Tuhan katakan tentang hari-hari akhir?

Pemahaman

  • Ayat 4             : Bagaimanakah Tuhan memimpin bangsa-bangsa pada hari-hari terakhir?
  • Ayat5              : Kerinduan apakah yang diinginkan Tuhan bagi bangsa-bangsa?

Yesaya mengatakan nubuat yang difirmankan Allah tentang “hari-hari terakhir” yaitu suatu waktu ketika pemerintahan Allah akan ditegakkan di seluruh bumi. Yerusalem akan dihancurkan, namun suatu saat ia akan menjadi titik acuan bagi banyak bangsa. Semua kejahatan, ketidakadilan dan pemberontakan menentang Allah dan hukum-Nya akan ditumpas dan kebenaran akan memerintah di atas bumi. Ayat 4Tuhan akan hadir menjadi hakim dan wasit bagi bangsa-bangsa yang akan mengawasi manusia. Tuhan akan membuat mereka akan menempa pedang dan mengasahnya menjadi mata bajak, dan tombak-tombak menjadi pisau pemangkas. Musuh yang telah siap menyerang dengan senjata dan pedang dan tombak akan diubahkan menjadi alat-alat pertanian untuk menambah kemakmuran bagi umat-Nya. Dengan kata lain kegeraman, kebencian, kemarahan akan diubah menjadi rasa kasih, cintai damai dan kebaikan. Allah sungguh-sungguh akan menjadi hakim yang adil bagi bangsa.

Tidak ada lagi kekerasan karena mereka tidak lagi belajar perang. Allah akan menghentikan pelanggaran, menghindarkan kehancuran dari penyalahgunaan teknologi, wewenang, harta kekayaan, dll. Sebaliknya, semua itu akan diarahkan untuk menjadi alat membangun kesejahteraan manusia dan alam sekitarnya. Ayat 5, Allah merindukan semua bangsa berjalan dalam terang-Nya dan semua bangsa bisa merasakan kedamaian itu. Oleh sebab itu, kita yang sudah mengetahui rencana Tuhan ini jangan jangan lagi kita merasa takut dan gentar. Tetapi kita tetap harus berjalan pada kehendak-Nya dengan tetap berpegang Firman-Nya.

Refleksi

Renungkanlah: Apakah kita sudah benar-benar percaya dengan rencana Tuhan yang akan membawa damai ataukah kita masih ragu? Sehingga kita tetap merasa takut dan kuatir dalam menghadapi situasi dan kondisi yang bangsa kita hadapi sekarang ini?

Tekadku

Ya Tuhan ampunilah kami yang masih ragu akan rencana-Mu bagi bangsa kami. Tolonglah kami dan para pemimpin supaya memiliki hati yang takut akan ENGKAU dan berjalan pada kehendak-Mu.

Tindakanku

Mulai hari ini saya akan menjalani hari tanpa takut dan kuatir akan keadaan bangsa. Saya akan berdoa supaya Tuhan segera menggenapi rencana-Nya untuk membawa bangsa Indonesia menjadi negara yang damai dan sejahtera.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«