suplemenGKI.com

Selasa, 22 Mei 2012

21/05/2012
Holy Spirit

Holy Spirit

Roma 8:18-30

Roh Kudus Turut Bekerja

 

Pada bagian Roma 8:18-30, Paulus membahas bahwa akan datangnya penderitaan untuk semua makhluk di dunia ini. Maka peranan Roh Kudus sangat penting dalam kehidupan orang percaya untuk menghadapi masa/waktu penderitaan itu berlangsung.

  1. Apa yang dilihat oleh Paulus tentang penderitaan di dunia ini?
  2. Bagaimana seharusnya anak-anak Allah mengadapi penderitaan tersebut?
  3. Apa peranan Roh Kudus di dalan diri orang percaya di perikop tersebut?
  4. Apa yang dapat kita pelajari pada bagian tersebut?

 

Renungan:

Dalam bagian ini, Paulus melihat bahwa semua makhluk hidup mengalami penderitaan di dunia ini, bahkan penderitaannya dialami sampai pada akhir jaman tiba. Pada ay 22, menceritakan bahwa akhir jaman itu tiba akan didahului oleh bencana alam yang luar biasa, digambarkan seperti mengalami”sakit bersalin”. Selain memberikan gambaran yang dahsyat tentang penderitaan, “sakit bersalin” juga memberikan gambaran sukacita ketika melewati masa “sakit bersalin” tersebut, ada sukacita yang diperoleh setelah mengalami penderitaan tersebut (bnd ay 18).

Paulus mengingatkan bahwa sebagai anak-anak Allah, kita diberi Roh Kudus yang dapat hidup dan bekerja di dalam hati kita, sehingga ketika kita mengadapi penderitaan yang besar tersebut. Roh Kudus akan menolong kita untuk bertahan dan bahkan menang menghadapinya.

Sebagai orang yang percaya, kita yakin Roh Kudus bekerja di dalam kehidupan terus menerus, bahkan di dalam kelemahan kita, Roh Kudus membantu kita dalam doa kepada Allah, dengan menyampaikan kata-kata yang berkenan kepada kehendakNya (ay 27). Kehadiran Roh Kudus dan pertolonganNya sangat nyata dan terbukti sekalipun bagi orang yang percaya, sekalipun pertolonganNya tidak melewati hal-hal yang ajaib dan besar namun melalui doaNya kepada Allah Bapa.

Paulus mengingatkan bahwa Roh Kudus terus bekerja (tidak berhenti) untuk mendatangkan kebaikan bagi orang-orang yang percaya, supaya orang-orang yang percaya hidup dalam kehendak Tuhan atau rencanaNya.

Bagaimana dengan kehidupan kita sebagai orang percaya ketika mengalami penderitaan? Kita menyadari bahwa tidak ada orang yang percaya yang tidak pernah menderita. Semua orang yang percaya pasti pernah menderita atau sedang mengalami penderitaan. Paulus mengingatkan bahwa penderitaan yang kita alami jangan membuat kita berputus asa namun tetap melihat ada pengharapan di dalam Kristus.

Paulus juga menasihati bahwa orang percaya jangan melupakan Roh Kudus yang senantiasa bekerja dalam kehidupan kita, Roh Kudus mampu menolong kita dan bahkan memberikan kemenangan dalam mengatasi persoalan demi persoalan hidup kita. Roh Kudus juga memampukan kita untuk hidup dalam rencana Tuhan, sehingga kita semakin hari semakin dipakai oleh Tuhan.

 

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«
Next Post
»