suplemenGKI.com

Nehemia 8:5-10

FIRMAN TUHAN: MENGGUGAH DAN MENGUBAH

Pengantar
Bagaimanakah reaksi umat ketika mendengar firman Tuhan disampaikan diatas mimbar? Secara umum reaksi yang dijumpai sangat beragam. Ada yang biasa-biasa saja, ada yang berdecak kagum, ada yang serius, ada yang biasa saja dan bahkan ada yang sampai tertidur. Bagaimanakah dengan kita, adakah kita tergugah saat mendengarkan firman Tuhan? Adakah kita merasa bosan sehingga kita menganggapnya biasa-biasa saja? Hari ini kitab Nehemia memperlihatkan sikap rakyat Yehuda yang mendengarkan firman Tuhan pasca pembuangan.

Pemahaman
Ayat 5-7               Apakah yang dilakukan Ezra dan para imam kepada rakyat Yehuda ?
Ayat 8-10             Bagaimanakah respon atau reaksi rakyat Yehuda saat hukum-hukum Tuhan disampaikan oleh Ezra dan para imam ?

Ezra dan para imam menyampaikan pengajaran tentang hukum-hukum Tuhan dihadapan rakyat Yehuda (ayat 5-7). Umat yang hadir merespon postif penyampaian Ezra dan para imam. Mereka memperhatikan dan memperlihatkan rasa hormat (ayat 7). Namun ada hal yang menarik terjadi dalam pertemuan itu. Di ayat ke 10 disampaikan reaksi emosional rakyat Yehuda yang menangis saat kalimat-kalimat hukum Taurat disampaikan dalam pertemuan itu. Kerinduan yang bercampur dengan penyesalan memberikan reaksi yang sangat emosional. Tampaknya rakyat Yehuda sadar atas apa yang telah terjadi di masa lalu. Kalimat-kalimat dalam hukum Tuhan seolah mengajak mereka mengingat kembali apa yang sudah terjadi. Mengingat kembali esensi pemberian seluruh hukum-hukum tersebut. Bahwa Allah sangat mengasihi umatNya. Allah ingin agar mereka hidup baik dan benar. Itulah sebabnya seluruh peraturan dan hukum diberikan.

Adakah umat mengalami pengalaman yang sama ketika mendengarkan firman Tuhan? Adakah penyesalan dirasakan ? Ataukah semuanya biasa saja? Firman Tuhan seharusnya mampu menggugah hati dan pikiran setiap pendengar dan pembacanya. Firman Tuhan memiliki banyak manfaat, dan salah satunya adalah digunakan sebagai cermin pribadi dan seharusnya menolong umat untuk mengevaluasi diri sendiri. Seharusnya firman Tuhan direspon secara positif dan bukan biasa-biasa saja, kecuali memang umat telah menutup diri pada suara Tuhan yang menegur dan mengingatkan.

Refleksi
Firman Tuhan merupakan pandu bagi umat dalam menjalani kehidupan setiap hari. Firman Tuhan membawa setiap orang dalam kehidupan yang baik dan benar. Tuhan menghendaki kehidupan umat semakin hari semakin baik dan semakin berkenan dihadapan Tuhan.

Tekadku
Ya Allah, mampukan kami selalu setia mendengar firman-MU. Jangan biarkan kami menutup diri terhadap firman-MU. Biarlah kami selalu dibaharui oleh firman-MU setiap hari dan setiap waktu.

Tindakanku
Mempersiapkan diri setiap kali akan mendengarkan firman Tuhan.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«