suplemenGKI.com

PERTOBATAN

Bacaan : KISAH PARA RASUL 2: 33-40

PENGANTAR
Konon ada seorang pekabar Injil yang memberitakan kabar sukacita itu di sebuah dusun suku Indian. Saat itu dia menayangkan gambar-gambar slide tentang kehidupan Tuhan Yesus di sebuah dinding rumah. Ketika tiba gambar penyaliban Tuhan Yesus, salah seorang yang hadir tiba-tiba saja berdiri lantas berlari ke depan. “ Turunlah dari salib itu, ya Anak Allah,” tangisnya,” Aku, akulah yang seharusnya tergantung di sana.” (William Barclay)

PEMAHAMAN
Ayat 37:  Apa yang terjadi dengan mereka yang saat itu mendengar khotbah 
                    rasul Petrus?
Ayat 38: Dan apakah jawaban Petrus terhadap pertanyaan mereka?

Bagian ini dengan sangat indah memperlihatkan pekerjaan Roh Kudus saat mereka mendengar khotbah pertama sang rasul. Ketika mereka menyadari tindakan yang mereka lakukan dalam penyaliban Yesus, Alkitab menyatakan hati mereka sangat terharu. Dan tidak berhenti sampai di situ mereka bahkan bertanya,” Apakah yang harus kami perbuat, saudara-saudara?” Mereka bahkan menantang diri mereka sendiri dengan bertanya demikian kepada Petrus dan rasul-rasul lain!

Petrus dengan tegas meminta agar diri mereka bertobat! Apakah arti sebenarnya dari kata tersebut? Bertobat sebenarnya berarti pikiran yang berikut, pikiran yang kedua. Pikiran yang kedua seringkali menyatakan bahwa pikiran yang pertama salah. Dengan kata lain harus terjadi perubahan pikiran!

Perubahan pikiran tentu harus disertai dengan perubahan tindakan. Seorang pengkhotbah menyatakan pertobatan sama dengan berbalik 1800; misalnya ada seseorang yang sedang menghadap ke Selatan, maka jika dia berputar 1800, maka orang itu menjadi sama sekali menghadap ke arah sebaliknya yaitu arah Utara. Tidak setengah-setengah, tidak serong sedikitpun!

REFLEKSI
Ke arah mana saat ini kita melangkahkan kaki kita dalam kehidupan ini, hanya Anda dan Tuhan yang tahu! Berbaliklah jika memang Anda sedang berjalan ke arah yang salah!

TEKADKU
Menyerahkan hidup ke dalam kehendak dan tuntunanNya, agar tidak salah jalan dan tersesat lagi.

TINDAKANKU
Setiap hari merenungkan firmanNya, melakukan kehendakNya dan berserah pada tuntunanNya.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«