suplemenGKI.com

Yehezkiel 34:20-24

BELAJAR CUKUP DAN BERSYUKUR

 

Pengantar
Oprah Winfrey pernah berkata “bersyukurlah atas apa yang sudah anda miliki, maka anda akan bahagia. Jika anda memusatkan perhatian pada apa yang tidak anda miliki, anda tidak akan pernah merasa cukup”. Ucapan Oprah Winfrey perlu untuk direnungkan. Sepanjang sejarah kehidupan manusia, ketidak puasan menjadi akar ketamakan yang mengakibatkan penderitaan.

Pemahaman

Ayat 20-21           Mengapa ALLAH hendak menghakimi “domba gemuk dan domba yang kurus”?

Ayat 22-24           Siapakah yang dinubuatkan akan segera datang?

Sikap hidup yang menyimpang tidak hanya dilakukan oleh para imam bangsa Israel. Allah juga melihat bahwa terjadi penindasan yang dilakukan oleh orang-orang kaya terhadap mereka yang miskin. Yehezkiel menganalogikannya dengan istilah “domba gemuk dan domba yang kurus”. Allah tidak akan tinggal diam terhadap tindakan orang-orang kaya yang tidak merasa puas pada apa yang mereka miliki sehingga merebut juga hak orang-orang miskin (ayat 20-21)

Yehezkiel menubuatkan hadirnya seorang raja yang akan menjadi pemimpin dan gembala bagi umat Allah, sehingga tidak lagi ada penindasan. Nubuatan ini menunjuk pada Yesus Kristus. Penjelasan pada ayat 23 bahwa Gembala yang akan datang adalah Daud dimaksudkan berasal dari keturunan Daud dan bukanlah Daud sendiri yang sudah tiada (ayat 22-24).

Jika seseorang diberikan kekayaan, jabatan tinggi, istri yang cantik atau suami yang tampan sekalipun, itu semua hanya akan bertahan beberapa saat. Mengingat manusia selalu merasa tidak puas pada apa yang dimilikinya. Allah menghendaki umat untuk belajar bersyukur atas apa yang dimilikinya. Sifat tidak pernah merasa puas akan mengakibatkan penderitaan bagi orang lain. Itulah mengapa sifat-sifat semacam ini harus disingkirkan dalam diri umat.

Refleksi
Sudahkah kita bersyukur pada apa yang kita miliki? Masih adakah dalam diri kita sifat tidak puas pada apa yang dimiliki?

Tekadku
Ya, Allah mampukan kami untuk selalu bersyukur kepada-Mu

Tindakanku
Bertekun dalam doa dan tidak lupa untuk selalu mengucap syukur dalam segala hal

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*