suplemenGKI.com

Selasa, 21 Mei 2019.

20/05/2019

Kisah Para Rasul 16:4-12

 

“Menyeberanglah Tolonglah Kami”

Pengantar:
Sebagai orang percaya, kita mempunyai tugas panggilan menjadi saksi Tuhan di tengah dunia ini. Dalam Injil ditegaskan bahwa Yesus datang ke dunia untuk memberitakan Injil supaya setiap orang beroleh keselamatan (Mat 4:23) Agar melalui Injil yang diberitakan orang yang terbelenggu dosa, terikat berbagai-bagai kuasa gelap dapat mengalami kemerdekaan. Sebagaimana Rasul Paulus yakin bahwa Injil adalah kekuatan Allah yang menyelamatkan (Roma 1:16-17 “Sebab aku mempunyai keyakinan yang kokoh dalam Injil, karena Injil adalah kekuatan Allah yang menyelamatkan setiap orang yang percaya, pertama-tama orang Yahudi, tetapi juga orang Yunani. Sebab di dalamnya nyata kebenaran Allah, yang bertolak dari iman dan memimpin kepada iman, seperti ada tertulis: “Orang benar akan hidup oleh iman”) Mari kita juga mempunyai keyakinan seperti Paulus, agar kita tidak ragu-ragu memberitakan Injil kepada mereka yang membutuhkan keselamatan dalam Kristus.

Pemahaman:

  1. Apakah yang mendorong Rasul Paulus untuk memberitakan Injil ke Makedonia? (v. 4-9)
  2. Apakah yang perlu diperhatikan dan dibutuhkan dalam Misi pekabaran Injil (v. 10-12)

Dalam Kisah 16:4-10, intinya menegaskan bahwa mengabarkan Injil atau melayani Tuhan adalah panggilan Tuhan. Itu sebabnya Paulus dan rekan-rekannya berkeliling dari kota ke kota untuk melayani dan memberitakan Injil sesuai kehendak Tuhan, mereka tidak melakukan pekabaran Injil maupun pelayanan berdasarkan kehendak sendiri melainkan atas kehendak Allah. Allah sendiri yang memimpin mereka, Allah juga berintervensi secara langsung dalam perjalanan mereka untuk melakukan pekabaran Injil dan melakukan berbagai-bagai pelayanan. Dua  kali  Roh Kudus menggerakkan mereka melalui penglihatan (Lih. v. 6-7) Hal ini menunjukkan bahwa Allah yang menuntun mereka untuk memberitakan Injil. Dan di malam hari dalam sebuah penglihatan Paulus melihat seorang dari Makedonia, berdiri dan berseru kepadanya (Lih. v. 9) Itu merupakan sebuah panggilan Tuhan bagi Paulus, dan ia pun berangkat ke Makedonia dan Roh Kudus pun menyiapkan hati orang-orang Makedonia untuk mau terbuka mendengarkan Injil. Jelas sekali bagaimana Allah menghendaki supaya Paulus memberitakan Injil ke Makedonia dan mereka taat pada panggilan Tuhan. Karena mereka taat pada panggilan Tuhan dan setia melakukannya maka Tuhan memberkati karya mereka sehingga semakin hari semakin banyak orang yang percaya dan deiselamatkan (Lih. v. 5) Untuk meresponi panggilan Tuhan, dibutuhkan kepekaan, ketaatan  dan kesetiaan. Lih. v. 10-12, menegaskan bahwa Paulus memiliki relasi yang intim dengan Allah sehingga dia memiliki kepekaan dan ketaatan akan bimbingan Roh Kudus. Paulus menghayati bahwa panggilan Tuhan harus diresponi dengan iman dan ketaatan untuk pergi memberitakan Injil kepada orang-orang yang membutuhkan. Kata “segeralah” (v. 10) menunjukkan ketaatan untuk menjalankan misi Allah. Ketaatan terhadap apa yang diperintahkan Tuhan sekalipun akan berhadapan dengan kesulitan dan tantangan.

Refleksi:
Renungkanlah. Bagaimana penghayatan anda tentang pekabaran Injil dan pelayanan di gereja anda? Apakah anda hayati bahwa pemberitakan Injil maupun melayani itu adalah panggilan Tuhan bagi anda? Jika ia, sudahkah anda mengambil bagian dalam pekabaran Injil maupun pelayanan di gereja?

Tekadku:
Tuhan Yesus, bimbinglah saya agar memiliki penghayatan yang benar tentang pelayanan dan pemberitaan Injil dan latihlah saya untuk peka akan pimpiman-Mu sehingga saya pun boleh menjadi alat pekabaran Injil-Mu di manapun saya berada.

Tindakkanku:
Saya mau belajar peka bahwa saya pun sesungguhnya dipanggil oleh Tuhan untuk menjadi pekabar Injil melalui hidup saya apapun profesi saya.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«
Next Post
»