suplemenGKI.com

SELASA, 21 MEI 2013

20/05/2013

ROMA 5:1-2

“HASIL PEMBENARAN ALLAH : MENGANDUNG BERKAT DAN PENUGASAN”

 

PENGANTAR
Di pasal 4 Paulus berbicara mengenai pembenaran karena iman. Pada perikop ini Paulus melanjutkan dengan menjelaskan berkat dan sekaligus penugasan yang terkandung dalam karya pembenaran yang Allah lakukan bagi kita.

PEMAHAMAN

  1. Ayat 1: Hasil pembenaran yang pertama kali disebutkan di ayat ini adalah kita hidup dalam damai sejahtera dengan Allah. Bagaimana Anda mengartikan ayat ini?
  2. Ayat 2a: Hasil kedua dari karya pembenaran Allah bagi kita adalah kita beroleh jalan masuk kepada kasih karunia ini. Kasih karunia apa yang dimaksudkan?
  3. Paulus menggunakan dua kalimat yaitu ‘memperoleh jalan masuk kepada kasih karunia ini’ dan ‘dalam kasih karunia ini kita berdiri’. Penegasan apa yang ingin ditekankan oleh Paulus tentang kasih karunia Allah melalui dua kalimat tersebut?
  4. Ayat 2b: Apakah hasil ketiga dari pembenaran yang disebutkan Paulus di ayat ini?

Hasil dari karya pembenaran Allah:

  1. Hidup dalam damai sejahtera dengan Allah: damai di ayat ini bukan tentang perasaan batin melainkan pada keadaan damai yang sesungguhnya terjadi antara Allah dengan kita. Bukan penghukuman dan jarak, melainkan tercipta pengampunan dan persekutuan dengan Allah.
  2. Beroleh jalan masuk dan berdiri-bermegah dalam kasih karunia Allah: Kasih karunia yang dimaksud disini adalah hubungan damai dengan Allah. Kita bukan hanya beroleh jalan masuk, tetapi juga berdiri dalam anugerah itu. Dengan kata lain, Paulus mengingatkan bahwa anugerah ini tidak hanya terjadi satu kali dalam soal pembenaran status, tetapi juga untuk sepanjang hidupnya orang percaya akan dilimpahi dengan kasih karunia Allah.
  3. Pengharapan menerima kemuliaan Allah: kemuliaan Allah akan dinyatakan melalui hidup kita yang telah dibenarkan oleh Allah. Ini berarti menjadi panggilan hidup orang percaya dan tidak berhenti sampai pada status menjadi ‘orang Kristen’ saja, tetapi disertai penugasan.

REFLEKSI
Dalam keheningan, rasakan indahnya berada dalam persekutuan dengan Allah, bukan dengan ketakutan, tetapi dalam kedamaian karena Allah sudah menjadikan Anda anakNya.

TEKADKU
Terima kasih Bapa Surgawi untuk karya pembenaran dan pendamaian yang sudah Engkau lakukan untukku. Biarlah semua kasih karunia yang Kau limpahkan kepadaku membuatku kuat menjalani hidup ini dengan terus berpengharapan. Juga berani untuk menyatakan kemuliaanMu. Amin

TINDAKANKU

  1. Lihatlah ke sekeliling Anda, sejauh kemampuan Anda memandang, sebutkan di hadapan Tuhan apa saja yang ingin Anda syukuri atas limpahan berkatNya yang tidak berhenti.
  2. Sekarang lihatlah kepada diri Anda sendiri, sebutkanlah di hadapan Tuhan apa saja usaha yang sudah Anda lakukan sebagai bukti kerinduan Anda memuliakan Tuhan.
Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«
Next Post
»