suplemenGKI.com

KEYAKINAN YANG TEGUH

Mazmur 27:1-3

 

Pengantar
Ketakutan yang dirasakan oleh manusia bersumber dari rasa ketidakmampuan dan ketidakberdayaan untuk mengatasi konflik atau krisis yang terjadi dalam hidupnya. Makanya tidak jarang kita melihat banyak orang lebih memilih untuk menyerah dengan keadaan dan putus asa. Ada yang depresi dan stress ketika mengalami masalah yang berat. Melalui renungan hari ini kita akan belajar dari satu tokoh yang ketika menghadapi tantangan dan serangan begitu hebat ia tidak hancur, tidak gentar dan tidak meragukan Allah sedikitpun. Mari kita renungkan.

Pemahaman

  • Ayat 1     : Apakah yang menjadi keyakinan Daud dalam menjalani masa sulit yang ia hadapi?
  • Ayat 2     : Apakah yang terjadi bila ia sungguh-sungguh percaya kepada Tuhan?
  • Ayat 3     : Bagaimana sikap Daud ketika menghadapi masa yang sulit di dalam hidupnya?

Daud memiliki keyakinan yang sangat kuat di dalam hidupnya. Ia percaya bahwa Tuhan adalah terang dan keselamatannya. Tuhan adalah benteng kehidupannya. Keyakinan itulah yang membuatnya menjadi berani meskipun ia menghadapi masa-masa yang sulit dalam hidupnya (Ay. 1). Tidak pernah ada keteguhan iman yang seperti ini.

Keyakinannya yang teguh membuat ia selalu dijaga dan dilindungi oleh Tuhan. Ketika para musuh dan penjahat datang menyerangnya, mereka sendirilah yang akan jatuh dan tergelincir (Ay. 2). Ada tiga kata yang menunjukkan lawan dalam ayat ini yaitu: penjahat, lawan, dan musuh. Mereka dikatakan telah ‘tergelincir’ dan ‘jatuh’ keduanya adalah kalimat qal perfect (terjemahan ibrani) menunjukkan nasib dan penghakiman bagi mereka adalah “telah terjadi” dan pasti. Jika Allah yang berkuasa menjadi penjaganya, dia tidak punya alasan untuk takut dan gentar. Meskipun dalam hidup ada tekanan, masalah dan tantangan, Allah akan selalu bersama dengan umat-Nya.

Sikap yang ditunjukkan oleh Daud, yang bisa menjadi teladan bagi setiap kita adalah ia memiliki iman yang teguh kepada Tuhan dan keberanian. Iman yang benar adalah suatu hubungan pribadi dengan Tuhan, suatu pandangan dunia baru dan gaya hidup yang baru. 

Refleksi
Renungkanlah: Ketakutan atau kekuatiran apa yang membayangi hidup kita saat ini? Masa depan? Karier? Sosial? Ekonomi yang tidak stabil? Serahkanlah itu semua kepada Tuhan, dan percayalah bahwa Tuhan pasti akan menolong kita untuk bisa menghadapi masa sulit yang saat ini kita hadapi.

Tekadku
Ya Tuhan, mampukanlah saya untuk bisa melihat segala yang terjadi dalam hidup saya dengan kacamata iman yang teguh kepada-Mu. Selalu yakin bahwa Allah selalu menyertai dalam setiap musim kehidupan yang saya alami.

Tindakanku
Ketika ada masalah dan pergumulan, saya tidak akan takut dan kuatir. Saya akan terus berdoa dan percaya bahwa Allah pasti akan memberikan jalan keluar bagi setiap pergumulan yang saya hadapi saat ini.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«