suplemenGKI.com

Daniel 7: 13-14

TUHAN ADALAH RAJA DAN PENGHARAPAN BAGI UMAT

Pengantar
Menurut kitab Daniel 1:1-21, Daniel adalah seorang keturunan raja Yehuda yang dipilih dan dilatih untuk menjadi pelayan raja Nebukadnezar. Pada awalnya Daniel yang seorang Yahudi bukanlah sosok yang istimewa bagi kaum bangsanya, bahkan bagi kebanyakan orang pada masa itu. Keberhasilan Daniel  menafsirkan mimpi Nebukadnezar membuatnya disegani dan dihormati.

Daniel pada masa itu menyampaikan berbagai nubuatan penting terkait masa depan umat Allah. Berbagai macam konflik yang akan dihadapi, berbagai penderitaan yang akan dialami dan juga pengadilan Allah yang akan datang.

Pemahaman

Ayat 13-14           Siapakah yang datang kepada “Yang Lanjut Usianya” ? Dan apakah “Yang Lanjut usianya” berikan kepadanya ?

Daniel terus melihat apa yang akan terjadi di masa depan, tapi penglihatan Daniel bukan diakhiri dengan hukuman dan kebinasaan yang dijatuhkan terhadap kerajaan atau penguasa-penguasa dunia, melainkan kedatangan seorang anak manusia yang diberi mahkota kehormatan, kekuasaan dan kemuliaan yang kekal untuk menguasai kerajaan yang tidak akan pernah berakhir, kekal selama-lamanya, dimana semua bangsa dan manusia akan mengabdi kepada-Nya yaitu Allah itu sendiri dalam rupa manusia.

Dalam teks bacaan hari ini Daniel menyampaikan nubuatan datangnya seorang pemimpin agung yang telah diberikan kuasa dan kemuliaan oleh Allah. Pemimpin agung yang akan menjadi pembebas dan juruselamat bagi umat manusia. Kekuasaannya tidak terbatas dan bersifat kekal. Nubuatan Daniel ini tentu menunjuk kepada Yesus Kristus. Ditengah penglihatan Daniel tentang masa depan umat Allah, dimana banyak tantangan yang harus dihadapi, Daniel juga menyampaikan sebuah nubuatan yang memberikan pengharapan. Nubuatan tentang hadirnya Yesus Kristus tentu menjadi sebuah berita penghiburan bagi umat ditengah kesesakan yang dialami. Nubuatan Daniel memperkuat keyakinan umat untuk tetap memandang hari depan dengan penuh sukacita meski menghadapi tantangan terberat sekalipun

Refleksi
Adakah kita masih beriman kepada TUHAN ditengah berbagai pencobaan yang kita hadapi? Masihkah kita memiliki pengharapan didalam Kristus yang akan membebaskan kita dari segala penderitaan duniawi dan yang akan menyediakan tempat yang indah dan kekal di kerajaan-Nya?

Tekadku
Ya Allah, mampukan aku tetap setia mengikut Engkau. Jangan biarkan aku jatuh dalam pencobaan. Apapun yang aku hadapi didunia biarlah aku tetap beriman kepada-Mu hingga hari kedatangan-Mu

Tindakanku
Tetap setia mengikut TUHAN dan tetap berpengharapan kepada Yesus Kristus meski berhadapan dengan berbagai tantangan dan cobaan

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«