suplemenGKI.com

Daniel 7:1-28

 

Mengakui KRISTUS sebagai Raja Yang Maha Berdaulat.

 Karena kedekatan hubungannya dengan Allah Bapa, Daniel dimampukan untuk melihat apa yang akan terjadi pada kehidupan manusia di masa mendatang.  Penglihatan Daniel ditulis dalam bagian pertama kitab Daniel pasal 7 (ayat 1-14). Pada puncaknya Daniel melihat bagaimana kerajaan Kritus ditegakkan (ayat 9-14). Penjelasan tentang arti penglihatan tersebut ditulis dalam bagian kedua kitab Daniel pasal 7 (ayat 15-28). Pertanyaan-pertanyaan sebagai beikut kiranya memandu kita dalam rangka memahami penglihatan Daniel tersebut berikut maknanya. 

Pertanyaan Penuntun:

  1. Apa yang dilihat Daniel dalam mimpinya? (ayat 1-14).
  2. Apa arti empat binatang besar dalam penglihatan Daniel? (ayat 2-3; 17)
  3. Apa arti sepuluh tanduk dan satu tanduk yang bermata dan bermulut menyombong? (ayat 7-8; 20-21)
  4. Apa makna penglihatan Daniel tentang tahkta-tahta diletakkan dan duduklah Yang Lanjut Usianya? (ayat 9-12; 21-22)
  5. Apa pula arti penglihatan Daniel tentang kedatangan anak manusia yang diberi kuasa dan kemuliaan sebagai raja? (ayat 13-14; 27) 

Renungan

Umumnya orang suka menonton film cerita yang berakhir dengan kemenangan lakon utamanya. Yang benar akhirnya berhasil mengalahkan si jahat. Tentu itu harapan kita semua. Namun sayang kita bukan sekedar “penonton” dalam kehidupan ini. Kita semua adalah para pemain atau para pelaku kehidupan.  Para pelaku kehidupan perlu ikut berjuang mengalahkan si jahat sampai akhirnya kebenaran berhasil ditegakkan.

Kita perlu bersyukur bahwa Tuhan Yesus Kristus yang digambarkan sebagai Anak Manusia telah berhasil mengalahkan segala seteru melalui karya pengorbanan dan keselamatanNya di atas kayu salib hingga kebangkitanNya dari antara orang mati. KemenanganNya belum diakhiri dengan pemusnahan total si jahat dan penegakan secara sempurna kerajaan kekal Sang Anak Manusia (ayat 11-12). Namun kemampuan iman “melihat” tahta-tahta ditegakkan akan menolong kita mengakui Kristus adalah Raja yang Maha Berdaulat.

Dari Kitab Daniel kita bisa belajar, bahwa orang-orang kudus akan mengalami berbagai tantangan dan bahkan aniaya (Daniel 7:21). Namun melalui penglihatan Daniel kiranya kita semakin yakin bahwa kuasa dan kebesaran segala kerajaan di bumi akan diberikan kepada umat Allah Yang Mahatinggi. Kuasa mereka untuk memerintah tak akan berakhir dan semua penguasa di bumi akan mengabdi mereka dengan taat (ayat 27; Terjemahan Bahasa Indonesia Sehari-hari). Ini terjadi ketika seluruh orang percaya mengakui Kristus sebagai Raja yang Maha Berdaulat dan memerintah bersama-sama dengan Dia (mengambil peran sebagai pemimpin) dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan melihat takhta KerajaanNya melalui kacamata iman, akan menolong kita mengakuiNya sebagai Raja Yang Maha Berdaulat.

 

=====================================================================================

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«