suplemenGKI.com
Praise The Lord

Praise The Lord

Yesaya 62:6-12 

Tindakan Proaktif Meresponi Janji Tuhan 

            Suatu kali seorang bapak menghadiri undangan disebuah pesta. Dalam undangan tercantum nomor tempat duduk, dan dibangku masing-masing undangan telah disediakan sekian banyak kupon untuk mengambil makanan. Satu kupon hanya untuk satu jenis makanan, jadi kalau di bangku undangan terdapat sepuluh kupon, maka dia berhak mengambil sepuluh jenis makanan. Si bapak itu hanya duduk diam menunggu pelayan mengantar makanan di bangkunya, dia tidak berinisiatif untuk menukarkan kupon-kupon itu dengan makanan-makanan yang ada. Sampai pesta usai dia tidak beranjak dari tempat duduknya untuk mengambil makanan, ketika pengumuman bahwa pesta sudah selesai diapun pulang dengan kelaparan. Apa yang menjadi kesalahan seorang bapak tersebut? Dia tidak proaktif menukarkan kupon-kuponnya dengan makanan yang disediakan dalam pesta tersebut.

            Yesaya 62:6-12, ada kalimat menarik yang bernada seruan “hai Yerusalem, telah Kutempatkan pengintai-pengintai”  “…hai kamu yang harus mengingatkan Tuhan kepada Sion” (v. 6) Kalimat itu bukan menunjukkan Allah lalai akan janji-Nya, sehingga harus diingatkan oleh umat-Nya tetapi kalimat itu menghendaki tindakan proaktif dari umat Israel untuk meresponi janji-janji Tuhan bagi mereka. 

  1. Jika kita memperhatikan dengan seksama, apa yang Allah lakukan untuk menyatakan janji-Nya bagi umat Israel agar mereka mengalami dan menikmati janji-janji pemulihan Allah? (6-12)
  2. Coba kita bayangkan, ketika Allah mempersiapkan dengan sangat serius dan teliti akan pengamanan, dan Tuhan juga telah bersumpah demi tangan-Nya untuk membela umat-Nya dan bahkan Tuhan juga menyatakan akan mengubah status Israel menjadi bangsa yang kudus. Apa makna semua itu? 

Renungan:

            Allah telah mempersiapkan segala sesuatu untuk menyambut umat-Nya yang kembali dari pembuangan ke Yerusalem dengan sangat baik (li. Ay. 6) Di ay. 8. Allah juga tidak mengabaikan kebutuhan fisik mereka dengan tidak membiarkan para musuh mengambil kebutuhan-kebutuhan baik gandum ataupun anggur bagi umat-Nya. Itu semua suatu gambaran betapa Allah sangat peduli dengan umat-Nya.  Betapa seriusnya Tuhan menyambut umat-Nya, sampai dikatakan Allah bersumpah dengan diri-Nya sendiri, demi untuk memenuhi janji penyelamatan-Nya kepada umat Israel. Dengan semua yang dipersiapkan Allah itu umat Israel akan menikmati damai sejahtera, sukacita dan tidak lagi diganggu oleh musuh-musuhnya. Tuhan senantiasa menjaga mereka seperti para penjaga atau pengintai yang siap sedia siang-malam (v.6) Hidup mereka akan melimpah dengan syukur dan puji-pujian (v. 8-9)

            Dengan janji Allah yang begitu serius dan sempurna itu, apa yang harus dilakukan oleh umat Israel? Dalam ay. 10 “Berjalanlah, berjalanlah melalui pintu-pintu gerbang…bukalah, bukalah jalan raya..singkirkanlah batu-batu.. tegakkanlah panji-panji untuk bangsa-bangsa! Ungkapan-ungkapan seruan itu merupakan peringatan kepada umat Israel untuk terus berjalan di jalan Tuhan, hidup dalam kesetiaan kepada Tuhan dan menjunjung tinggi kebenaran Tuhan yang telah berjanji untuk memulihkan mereka dari keterpurukan karena dosa mereka sendiri. Tuhan menghendaki agar umat-Nya meresponi dengan proaktif janji-janji Tuhan itu, mareka tidak boleh diam, tidak boleh hanya menanti dengan pasif tetapi aktif. Menyembah Tuhan, melayani Tuhan, meninggalkan kefasikan dan mengucap syukur atas janji-janji Tuhan dalam hidup mereka. Karena yang menentukan janji Tuhan digenapi adalah respon umat-Nya. Bagaimana dengan kita, kita selalu ingin agar Tuhan menggenapi janji-janji-Nya dalam hidup kita, kita ingin agar Tuhan memulihkan hidup kita dan kita ingin agar Tuhan menyatakan kuasa-Nya dalam hidup kita, tetapi apakah kita proaktif untuk meresponi janji Tuhan itu dengan setia kepada-Nya, melayani Dia dengan sungguh dan mengucap syukur atas berkat-berkat-Nya dalalm hidup kita? Mari kita proaktif menyambut janji pemulihan Tuhan dengan terus berjalan di jalan Tuhan dengan setia.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*