suplemenGKI.com

AJAKAN MEMUJI DAN BERSUKACITA DALAM TUHAN

 

Mazmur 149 : 1 – 9

 

Pengantar :
Pernahkah kita mengajak seseorang atau sekelompok orang untuk melakukan sesuatu? Jika pernah, hal apa yang sering kita sampaikan sebagai ajakan kita? Apakah hal tersebut berkaitan dengan kehidupan iman atau lebih banyak terkait dengan kebutuhan lahiriah dan kepuasan batin kita? Misalnya ajakan untuk makan, menonton film atau sebuah pertunjukan, atau sekedar berekreasi. Pada hari ini Pemazmur memberi teladan tentang bentuk ajakan yang didasari dengan sebuah penghayatan iman yang baik, serta bagaimana penghayatan dan kehidupan iman ini dapat menjadi kelengkapan umat dalam menghadapi masalah hidup mereka. Untuk lebih jelasnya, mari kita membaca dan merenungkan Mazmur 149 ayat 1 – 9 .

Pemahaman :
Ayat 1 – 4             :  Apa ajakan Pemazmur bagi umat, dan apa yang menjadi dasar ajakan tersebut ?

Ayat 5 – 9             :  Apa yang menjadi kelengkapan umat yang berlindung kepada TUHAN ?

Ayat 1 – 3 menyatakan undangan bagi umat TUHAN untuk memuji Sang Pencipta dan bersukacita dengan nyanyian baru (termasuk mazmur), tarian serta rebana dan kecapi. Adapun ayat 4 menjelaskan tentang dasar dari semua pujian dan sukacita itu, bahwa TUHAN mengasihi umat-NYA dan melindungi mereka yang rendah hati, yaitu mereka yang berlindung kepada TUHAN.

Ayat 5 – 9  menggambarkan kelengkapan bagi umat yang mencari perlindungan. Dalam kekuatan TUHAN, umat dapat menyerang dan mengalahkan raja yang mengepung mereka, serta menjadi alat TUHAN untuk memperlihatkan kemuliaan TUHAN kepada bangsa-bangsa.

Refleksi :
Sediakan waktu sejenak untuk merenungkan:

  • Manakah bentuk ajakan yang lebih ingin dan sering kita lakukan? Mengapa hal itu yang lebih mewarnai hidup kita?
  • Apakah yang menjadi dampak dalam hidup ini, jika kita melakukan ajakan yang diwarnai oleh penghayatan iman yang benar kepada ALLAH sebagai sumber kekuatan dan perlindungan kita?

Tekadku:
TUHAN, jadikanlah aku rendah hati karena menyadari kekuatan dan perlindungan yang ENGKAU berikan setiap waktu.

Tindakanku :
Di mana pun dan kapan pun, saya akan menyatakan pujian dan sukacita dalam TUHAN yang menjadi sumber kekuatan dan perlindungan bagi diriku, serta mengajak sesama melalukan hal yang serupa.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*