suplemenGKI.com

Ketika Tuhan Turun Tangan Memulihkan

Melanjutkan renungan kemarin, maka hari ini kita akan lebih memfokuskan diri mengetahui dan merenungkan karya Tuhan atas hidup umatNya yang sudah diambang kehancuran. Melalui perenungan hari ini biarlah kita nantinya juga makin dapat meyakini kuasa Tuhan yang terus bekerja dalam hidup kita masing-masing hingga saat ini, dalam konteks pergumulan apa saja yang kita hadapi.

  1. Ayat 3: Jika sebelumnya (dalam renungan kita kemarin) berkat yang Tuhan tawarkan masih terselubung dalam penggambaran air, gandum, susu, dan anggur, maka di ayat ini kita mengetahui lebih jelas apa yang akan Tuhan berikan. Berkat apa yang Tuhan berikan kepada umat yang saat itu sedang menderita?
  2. Ayat 4: Apakah yang istimewa dari isi perjanjian tersebut?
  3. Ayat 5: Sekali lagi Yesaya menegaskan darimana bangsa Israel akan dapat memperoleh semua berkat dari perjanjian itu?
  4. Pelajaran apa yang bisa Anda temukan tentang Allah dalam renungan kita hari ini?

Renungan
Baru-baru ini tayangan Kick Andy di Metro TV mengangkat topik dan obrolan dengan orang-orang yang dipenjarakan karena kesalahan yang tidak mereka perbuat. Dari semua kesaksian narasumber dapat dipastikan betapa beratnya menanggung masalah tersebut, baik secara fisik maupun batin. Dan banyak orang yang kemudian bersimpati dengan persoalan yang mereka hadapi. Wajar sekali jika kita ikut protes dan membela, memberi bantuan kepada mereka yang tidak bersalah tetapi divonis bersalah.
Yang tidak wajar bagi masyarakat kita adalah membela, mendukung mereka yang bersalah. Yang diberikan bukan kata-kata dukungan, tetapi justru hinaan, caci dan makian kepada orang-orang yang sudah jelas-jelas bersalah. Aneh jika ada orang yang justru berbaik hati dan memulihkan kehidupan orang-orang yang ‘terhukum’ oleh perbuatannya sendiri.
Namun yang aneh bagi dunia kita, yang tidak wajar bagi masyarakat kita, justru itulah yang Allah lakukan kepada kita. Pernyataan kasih Allah yang sangat besar itu lagi-lagi kita lihat melalui sejarah hidup bangsa Israel. Mereka yang terancam hancur karena kekerasan hati mereka yang tidak mau bertobat, ternyata Tuhan masih mau turun tangan memulihkan kehidupan mereka. Mereka yang terbuang dan dilupakan, ternyata Tuhan buat menjadi bangsa yang agung, membawa bangsa-bangsa lain mengenal Tuhan yang disembah oleh Israel. Sungguh, berkat perjanjian yang Allah buat ini sangat istimewa. Sesuatu yang sangat berharga diberikan kepada bangsa yang sudah seharusnya dibuang karena kesalahan mereka sendiri. Tetapi Tuhan mengasihi mereka dan memberi kesempatan untuk mereka berbalik kepada Tuhan dan menikmati keselamatan yang Tuhan tawarkan.
Sungguh, suatu kehidupan yang berkebalikan 180derajat antara mereka yang hidup meninggalkan Tuhan dan mereka yang berbalik kepada Tuhan. Melalui renungan hari ini, jika kita merasa terhukum, merasa bersalah atas semua kesalahan kita di masa lalu yang membuat hidup kita sekarang tidak berjalan dengan baik/mudah, jangan berputus asa. Tuhan tidak akan memandang hina hati yang hancur dan bertobat. Ia pasti akan memulihkan keadaan kita. Sama seperti Ia tidak membuang Israel, Tuhan pun tidak akan pernah membuang kita.

Biarpun hidup kita sudah hancur seperti kepingan kaca yang sudah tidak mungkin dibuat utuh kembali, namun kuasa pengampunan Tuhan sanggup membuat hidup kita utuh kembali.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*