suplemenGKI.com

SELASA, 2 APRIL 2013

01/04/2013

KISAH PARA RASUL 5:12-16

“KEKRISTENAN YANG BERDAMPAK”

 

PENGANTAR
Serambi Salomo, tempat dimana peristiwa ini terjadi adalah juga tempat dimana Petrus memberi penjelasan tentang peristiwa penyembuhan orang lumpuh sebagaimana dicatat di pasal 3. Beberapa orang Yahudi takut untuk bergabung karena bertentangan dengan perintah dari Sanhedrin di Kisah 4 yang melarang mereka untuk membicarakan lebih lanjut tentang Yesus.

 PEMAHAMAN

  1. Dari bacaan kita hari ini, kesan apa yang bisa Anda temukan terhadap kehidupan kekristenan pada zaman itu?
  2. Bercermin dari kehidupan kekristenan (gereja) pada zaman itu, prinsip-prinsip apa yang menurut Anda harus tetap ada dalam kehidupan dan peranan gereja pada masa kini? 

Melalui peristiwa ini kita melihat bagaimana para rasul diberi otoritas langsung oleh Yesus untuk menjadi saksi-saksiNya telah diperlengkapi dengan hikmat dan kuasa dari Roh Kudus. Melalui kesaksian mereka maka sejumlah besar orang bertobat, dan dengan cara demikianlah setiap hari Tuhan menambahkan jumlah orang yang percaya.  Mereka tidak takut dengan ancaman para pemimpin agama Yahudi. Orang banyak justru dibuat terheran-heran dengan perubahan yang drastis pada orang-orang yang sebelumnya mereka kenal sebagai nelayan yang tidak terpelajar. Kita melihat bagaimana panggilan Tuhan itu dijawab dengan baik dan dibuktikan dengan kualitas hidup dan pelayanan yang tidak main-main.

Gereja mula-mula penuh dengan keterbatasan, tetapi mampu memberikan pengaruh yang luar biasa di lingkungannya pada zamannya. Walau jumlah mereka belum bisa dikatakan banyak (mayoritas) namun mereka sangat dihargai dan menarik orang datang pada Kristus, belum punya rumah ibadah (bangunan tetap), di bawah tekanan pemerintahan dan masyarakat, namun mereka berhasil tetap membagikan kasih Allah kepada orang banyak melalui tanda mujizat dan pembebasan dari roh jahat.

REFLEKSI
Pejamkan mata dan bayangkanlah banyak dan megahnya gereja-gereja di Indonesia yang Anda ketahui. Renungkanlah bagaimana kehidupan gereja di masa kini menurut Anda. Dengan segala kondisi yang dimiliki dan dihadapi oleh gereja pada masa kini, sudahkah gereja semakin berperan dalam memperbaiki kehidupan masyarakat di sekitarnya? Seberapa efektifkah gereja berhasil menghadirkan ‘kerajaan Allah’ di dunia dan menarik orang datang pada Kristus? 

TEKADKU
Bapa Surgawi, terima kasih karena Engkau telah menjadikan aku menjadi bagian dari gereja, persekutuan orang-orang yang percaya kepadaMu. Mampukan aku untuk menjadi hambaMu yang berani mengambil peranan aktif menjadi saksi Tuhan yang mendatangkan kebaikan bagi orang-orang dan lingkungan yang Engkau tempatkan bagi diriku. Amin

TINDAKANKU
Aku tidak bisa membuat mujizat kesembuhan, tetapi aku bisa menjadi obat kasih dan perhatian bagi mereka yang sakit dan dalam pergumulan khusus, supaya mereka merasakan indahnya persekutuan dengan saudara seiman dalam Kristus. Dalam 1 minggu ini aku akan meluangkan waktu mengunjungi salah seorang saudara seiman di GKI Ressud yang sedang sakit, meski aku tidak mengenalnya (jika membutuhkan informasi jemaat sakit dapat dilihat di warta gereja/menghub. kantor gereja)

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«
Next Post
»