suplemenGKI.com

Selasa, 19 Mei 2015

18/05/2015

Kisah Para Rasul 2:14-21

KESELAMATAN BAGI SEMUA BANGSA

 

Pengantar
Pernyataan bahwa gereja kini terlalu eksklusif tentu bukan hal yang baru kita dengar. Tidak jarang gereja dinilai terlalu menutup diri terhadap lingkungan sekitar dan menjadi asing di tengah masyarakat. Hal ini tentu menghambat panggilan kita sebagai gereja untuk dapat memberitakan keselamatan bagi semua orang.

Dalam bacaan kali ini kita dapat melihat bagaimana Allah sungguh mau menyatakan keselamatan bagi semua orang dari semua bangsa dan bukan hanya ditujukan bagi para murid Yesus saja.

Pemahaman

  1. Bagaimana reaksi Petrus saat banyak orang mencemooh para murid?
  2. Apa yang ingin Petrus sampaikan lewat nubuatan nabi Yoël?
  3. Bagaimana pendapat kita tentang keselamatan bagi semua bangsa?

Melihat reaksi banyak orang yang menganggap para murid mabuk, Petrus tidak tinggal diam. Dia menjelaskan bahwa mereka mampu berbicara dalam berbagai bahasa karena Roh Kudus (lih. ay. 18). Tidak hanya itu Petrus juga dengan jelas menyatakan bahwa peristiwa yang dialami para murid merupakan penggenapan nubuatan nabi Yoël yang mau memperlihatkan bahwa Allah mau menyatakan keselamatan bagi seluruh umat di dunia. Allah ingin semua orang mengenal Allah dan beroleh keselamatan.

Allah memanggil dan memperlengkapi murid bukan sekadar menjadikan mereka kelompok yang berbeda dalam masyarakat tapi untuk menyatakan dan memberitakan berita keselamatan bagi semua orang. Memang itu bukan perkara mudah karena tidak semua orang mampu menerimanya. Seperti yang dialami para murid sendiri. Saat mereka terlihat berbeda semua malah mencemooh mereka. Namun dengan kuasa Roh Kudus mereka tetap memberitakan berita keselamatan itu.

Kuasa Roh Kudus yang bekerja dalam diri para murid tentu membuat mereka berbeda dari yang lain tapi bukan untuk menjauh dan menganggap diri lebih dari yang lain. Para murid malah dipanggil untuk mampu berbaur di seluruh lapisan masyarakat sehingga semakin banyak orang yang mengenal Allah dan percaya kepada-Nya sehingga keselamatan itu sungguh dirasakan semua orang di dunia. Inilah juga yang menjadi panggilan bagi setiap pengikut Kristus masa kini.

Refleksi
Melalui bacaan ini, kita diajak merenungkan bagaimana kesaksian kita sebagai gereja masa kini? Apakah kita sebagai murid Kristus sudah menjadi saksi yang nyata dalam kehidupan sehari-hari? Atau apakah kita terlalu sibuk dengan diri kita sendiri sehingga menjadi tidak peduli dengan lingkungan dan masyarakat di sekitar kita dan menjadi lupa akan panggilan kita memberitakan keselamatan bagi semua orang?

Tekad
Tuhan, Engkau telah menjadi teladan bagi kami dengan merangkul banyak orang sehingga banyak orang percaya kepada Allah. Mampukanlah kami untuk dapat memberikan kesaksian nyata dalam kehidupan di tengah masyarakat sehingga banyak orang yang mengenal Engkau dan beroleh keselamatan.

Tindakan
Mulai saat ini, saya akan semakin peka terhadap lingkungan sekitar dan mau memberikan pengaruh yang baik di tengah-tengah lingkungan tempat saya berada sehingga kasih Allah dapat dirasakan oleh semua orang.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«
Next Post
»