suplemenGKI.com

Selasa, 19 Juli 2016

18/07/2016

TUHAN YANG MEMULIHKAN DAN MEMULIAKAN UMATNYA

Mazmur 85

Pengantar
Ada banyak ungkapan indah yang kita dengar dalam syair lagu dan puisi, namun tidak semua syair lagu dan puisi itu menjamin keindahan dalam hidup penyanyi atau pembacanya. Keindahan dapat dialami dan memancar pada diri seseorang jika ungkapan indah di dalam syair lagu dan puisi  itu dihayati dan diyakini secara nyata dan bukan hanya sekedar jalinan kata-kata. Demikian pula dengan berbagai ungkapan indah tentang karya pemulihan dan kemuliaan dari TUHAN,  dapat menjadi benar-benar indah jika disertai sikap penghayatan dan keyakinan yang tepat. Maka mari kita membaca dan merenungkan Mazmur 85 untuk menjadikannya inspirasi bagi keindahan hidup kita.

Pemahaman

Ayat   2 – 4     :  Bagaimana penghayatan dan keyakinan pemazmur akan TUHAN?

Ayat   5 – 8     :  Apa yang menjadi pengharapan pemazmur?

Ayat   9 – 10  :  Bagaimana sikap yang seharusnya diperlihatkan oleh umat TUHAN?

Ayat  11 – 14 :  Bagaimanan wujud karya pemulihan TUHAN yang diungkapkan pemazmur?

Pemazmur menghayati dan meyakini bahwa TUHAN telah berkenan memulihkan keadaan umat-NYA. TUHAN telah mengampuni kesalahan umat-NYA, telah menutupi segala dosa mereka dan telah menyurutkan segala gemas-NYA, telah meredakan murka-NYA yang menyala-nyala. Berdasarkan penghayatan dan keyakinannya, maka pemazmur memiliki pengharapan akan pemulihan dari TUHAN Sang Penyelamat, yang meniadakan sakit hati dan tidak melanjutkan murka-NYA turun temurun. TUHAN akan menghidupkan umat-NYA kembali, sehingga umat-NYA bersukacita karena kasih setia TUHAN yang memberi keselamatan.

Pemazmur menyatakan bahwa umat TUHAN seharusnya memperlihatkan sikap yang mau mendengar apa yang hendak difirmankan TUHAN dan hidup takut kepada TUHAN, sebab ini akan membawa kedamaian serta mencegah orang-orang yang dikasihi-NYA kembali kepada kebodohan dan TUHAN jugalah yang memberi kemuliaan.

Wujud pemulihan dari TUHAN digambarkan sebagai kasih dan kesetiaan yang akan bertemu, keadilan dan damai sejahtera yang akan bercium-ciuman. Kesetiaan yang akan tumbuh dari bumi, dan keadilan yang akan menjenguk dari langit. Bahkan TUHAN akan memberikan kebaikan, dan negeri umat-NYA akan memberi hasilnya. Keadilan akan berjalan di hadapan TUHAN, dan akan membuat jejak kaki-NYA menjadi jalan. Semuanya ini menjadikan pengharapan pemazmur dan umat TUHAN ini dapat terwujud secara indah.

Refleksi
Dalam keheningan hati dan pikiran marilah kita bertanya:

  • Apakah yang menjadi penghayatan dan keyakinan kita akan TUHAN?
  • Adakah pengharapan yang selalu kita sandarkan kepada TUHAN?
  • Sudahkah kita bersikap benar akan pemulihan dan kemuliaan yang TUHAN berikan?

Tekadku
Ya TUHAN, ajarlah saya untuk terus dapat menghayati dan meyakini karya pemulihan-MU yang membawa kemuliaan bagi kami.

Tindakanku
Mulai hari ini, saya ingin makin sedia mendengar sabda TUHAN dan hidup takut akan TUHAN sebagai sumber pemulihan dan kemuliaan yang memberi keindahan sejati.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

1 Comment for this entry

  • Wim says:

    Prs God, minggu kemarin lupa ambil 4B, untung ada on line.
    Kiranya Tuhan Yesus memberkati rekan yg melayani saat teduh ini.
    Gbu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*