suplemenGKI.com

Bacaan : Nehemia 8 : 6 – 10.

“KEBANGUNAN ROHANI”

PENGANTAR.
Kebangunan rohani dilatarbelakangi oleh keadaan umat yang kehidupan rohaninya kering, suam-suam kuku, dan merosot. Dalam keadaan seperti itu sebenarnya umat  secara rohani dalam kondisi kosong, hampa dan tersesat. Jika dalam kondisi seperti itu mereka kemudian berpaling dengan sungguh-sungguh kepada Firman Allah dan bertekad untuk hidup menurut kehendak Tuhan maka akan terjadi kebangunan rohani, dimana umat berbalik dari hidup yang berdosa kepada penyerahan secara total kepada Allah dan kehendakNya.

PEMAHAMAN.

  1. Apa yang dilakukan umat ketika Ezra membuka kitab Taurat ? ( ayt 6 ) dan ketika Ezra memuji Allah ( ayt 7 ).
  2. Apa makna dari kalimat, “mereka berlutut dan sujud kepada Tuhan” ?
  3. Apa yang dilakukan Ezra dan timnya untuk memperjelas Firman Tuhan ? ( ayt 8-9 )
  4. Mengapa orang-orang yang mendengar Firman yang disampaikan menangis ? (  ayt 10 )

Pada saat Ezra membuka kitab Taurat untuk dibacakan didepan umat maka seluruh umat bangkit berdiri. Dan ketika Ezra memuji Allah yang Maha besar, semua umat menyambut dengan kata “Amin, amin” sambil mengangkat tangan, kemudian mereka berlutut dan menyembah Tuhan. Umat berucap, tangan terangkat, bersujud dan menyembah Tuhan merupakan respon umat ketika melihat dan mendengarkan pembacaan kitab suci, mereka merasakan kehadiran Allah sendiri disana pada waktu itu. Firman Tuhan yang mereka dengar dijelaskan dengan gamblang oleh ahli-ahli kitab suci sehingga mereka memahami apa maksud dari taurat itu.

Firman Tuhan yang mereka dengar dimaknai sebagai kata-kata Allah yang berbicara secara langsung kepada mereka, mereka mendengar bahwa dosa-dosa mereka diucapkan dengan lantang dan jelas. Mereka menyadari bahwa mereka bukan orang yang tulus melainkan orang yang bersalah. Mereka menangis karena mereka berdosa dihadapan Tuhan. Mereka menangis karena menyesal serta bertobat dari dosa-dosa mereka. Pertobatan yang sungguh-sungguh akan mendatangkan pengampunan Allah yang membawa kepada sukacita dan damai sejahtera. Itulah kebangunan rohani yang sesungguhnya yang seharusnya terjadi didalam kehidupan umat Tuhan saat ini. Bagaimana dengan saudara ?

REFLEKSI.
Marilah kita mengambil saat hening sejenak ! renungkanlah ! bagaimana sikap saudara dalam beribadah ? adakah kerinduan yang dalam untuk mengenyam Firman Tuhan ?  bagaimana sikap saudara ketika Firman Tuhan menegur saudara ?

TEKADKU.
Ya Tuhan ampunilah saya ketika saya kurang menghargai Firman Tuhan sehingga FirmanMu terabaikan.

TINDAKANKU.
Mulai hari ini saya harus membangun hidupku untuk dibentuk Tuhan melalui FirmanNya.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«