suplemenGKI.com

KEUNIKAN DAN KERAGAMAN KEHENDAK TUHAN

 

Mazmur 119 : 33 – 40 

 

Pengantar
Bagi orang-orang yang senang akan ketertiban dan keteraturan hidup, maka ada satu hal yang biasa dilakukan secara sama, yaitu adanya penataan atau pengelompokan terhadap hal-hal yang memiliki kesamaan atau kesesuaian jenis/bentuk. Hal ini tidak saja akan membuatnya mudah mendapatkan atau memanfaatkan jika dibutuhkan atau diinginkan, tapi juga agar dapat memahami keunikan dan kekhasan dari hal-hal yang dikelompokkan tersebut. Sebagai contoh, jika seorang yang gemar membaca buku dan senang akan ketertiban atau keteraturan, maka ia akan memberi tanda atau kode pada buku-bukunya dan menatanya sesuai kelompok kesamaannya. Dalam pembacaan kita hari ini, Pemazmur memperlihatkan betapa ia adalah seorang yang memahami keunikan dan kekhasan, bahkan keragaman dari bentuk penyampaian kehendak atau sabda TUHAN kepadanya, maka marilah kita bersama ikut menemukan keunikan, kekhasan, dan keragaman dari semuanya itu, termasuk harapan dan tindakan yang baik dalam menerimanya.

Pemahaman

  • Istilah apa saja yang dipakai oleh Pemazmur untuk menyebutkan kehendak atau sabda TUHAN ?
  • Apa saja yang menjadi harapan dan keinginan Pemazmur akan sabda kehendak atau sabda TUHAN tersebut ?
  • Apa tindakan yang dilakukan Pemazmur sebagai komitmen hidupnya ?

 Ada beberapa istilah yang disampaikan oleh Pemazmur berkaitan dengan kehendak dan sabda TUHAN, yaitu: ketetapan-ketetapan (ayat 33), taurat (ayat 34), petunjuk perintah-perintah (ayat 35), peringatan-peringatan (ayat 36), jalan yang ditunjukkan (ayat 37), janji (ayat 38), hukum-hukum (ayat 39), titah-titah dan keadilan (ayat 40).

Terhadap semua kehendak TUHAN itu, Pemazmur menyampaikan beberapa harapan dan keinginannya, yaitu: agar TUHAN memperlihatkan hal-hal tersebut kepadanya (ayat 33), membuatnya mengerti (ayat 34), mencondongkan hatinya kepada hal-hal tersebut (ayat 36), meneguhkannya (ayat 38), serta menghidupkannya (ayat 40).

Selanjutnya ada tindakan yang dilakukan Pemazmur ketika menerimanya yaitu: akan memegangnya sampai saat terakhir (ayat 33), akan memelihara dengan segenap hati (ayat 34), menyukai dan hidup menurutinya (ayat 35), memandang hal itu baik (ayat 39), serta merindukannya (ayat 40).

Refleksi
Apakah selama ini kita telah berupaya menemukan berbagai keunikan, kekhasan dan keragaman dari kehendak TUHAN dalam kehidupan kita ? Dan istilah apa yang kita pakai untuk menyebutkannya ? Apa harapan kita akan hal baik yang TUHAN nyatakan ini? Dan bagaimana sikap kita dalam menerimanya?

Tekadku
TUHAN, tolonglah saya agar dapat menemukan keunikan, kekhasan, dan keragaman dari kehendak TUHAN dalam kehidupan saya, dan mampukanlah saya untuk dapat mengerti dan menyukai kehendak TUHAN serta melakukannya.

Tindakanku
Mulai hari ini, saya akan mempelajari Alkitab secara lebih teliti dan mencatat hal-hal penting untuk kemudian mengelompokkannya sesuai kesamaan, keunikan, dan kekhasannya.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«