suplemenGKI.com

PEMBAHARUAN HATI DAN BATIN

Mazmur 51 : 3 – 14

 

Pengantar
Ada banyak cara untuk dapat terus mengalami kegirangan atas selamat yang berasal dari TUHAN, dan melalui pembacaan Alkitab hari ini, kita diajak untuk melihat cara yang terutama. Cara yang terutama itu berkaitan dengan sebuah proses pembaharuan hidup, yaitu pembaharuan hidup yang berpusat di hati dan batin. Sebuah pembaharuan yang diawali dengan pengakuan terbuka dan mendalam akan segala kesalahan dan dosanya (baca: kejahatan hidupnya) dalam pengharapan yang sungguh akan belas kasih dan rahmat TUHAN yang setia. Maka marilah kita bersama membaca dan memperhatikan apa yang dinyatakan dalam Mazmur 51 : 3 – 14.

Pemahaman

Ayat 3 – 4             :  Apa harapan dalam permohonan umat?

Ayat 5 – 8             :  Mengapa umat membutuhkan belas kasih dan pembersihan hidup dari TUHAN?

Ayat 9 – 14           :  Sebutkan inti pembaharuan yang diharapkan umat!

Dalam permohonannya, umat berharap akan belas kasihan dan rahmat TUHAN untuk menghapus segala pelanggarannya, serta mendapatkan pembersihan hidup secara total (keseluruhan), dan pentahiran dari dosa. Permohonan ini dilakukan (disampaikan/diserukan) karena umat menyadari bahwa segala yang ia lakukan selama ini adalah perbuatan-perbuatan yang dianggap jahat oleh TUHAN (ayat 6). Hal ini sungguh berlawanan dengan tindakan TUHAN yang adil dan bersih (ayat 6) dan bahwa TUHAN adalah ALLAH berkenan akan kebenaran (ayat 8).

Dalam seluruh kesadaran ini, umat menyadari bahwa inti pembaharuan hidupnya adalah pada hati dan batin (ayat 12), dan ini hanya dapat dilakukan oleh Roh TUHAN sendiri. Roh TUHAN yang teguh dan kudus yang berkenan memperbaharui hidup umat yang juga membuat mereka  memiliki roh yang rela sebagai kelengkapan hidup dari keselamatan yang berasal dari TUHAN (ayat 14).

Refleksi
Marilah kita merenungkan, apakah selama ini kita telah menyampaikan permohonan pembaharuan hidup kita kepada TUHAN secara baik, yaitu dengan sungguh menyadari apa yang baik di mata TUHAN, serta memahami inti pembaharuan hidup yang sejati?

Tekadku
Ya TUHAN, tolonglah saya agar dapat mengalami pembaharuan hidup yang sejati, yaitu pembaharuan hati dan batin oleh Roh TUHAN.

Tindakanku
Mulai hari ini, saya akan lebih serius dan teliti menjaga kehidupan hati  dan batin dalam kekuatan Roh TUHAN yang teguh dan kudus, agar tetap berada di jalan keadilan dan kebenaran TUHAN.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«