suplemenGKI.com

SELASA, 17 JUNI 2014

16/06/2014

KEJADIAN 21: 8-21

“MENGHIDUPI FIRMAN YANG HIDUP”

 

PENGANTAR
Saat teduh hari ini mengajak kita memeriksa diri seberapa besar perubahan demi perubahan kita kerjakan dan alami dalam diri kita karena firman Tuhan yang kita terima.

PEMAHAMAN
Kehadiran Ismael dilihat oleh Sara sebagai ancaman bagi Ishak. Karena itu Sara meminta Abraham untuk mengusir Hagar dan anak yang dilahirkan Hagar bagi Abraham.

  1. Ayat 11-14: Bagaimana reaksi Abraham terhadap permintaan Sara?Apa yang membuat Abraham akhirnya rela membiarkan Hagar pergi?
  2. Ayat 15-16: Bagaimana keadaan Hagar dan putranya?
  3. Ayat 17-21: Apa yang membuat Hagar berubah menjadi tegar dan sanggup bertahan hidup?
  4. Dari pengalaman dua tokoh hari ini, pada kesimpulannya apa yang membuat mereka berubah dari kuatir menjadi tegar? (Pada saat kapan perubahan itu terjadi?)

Permintaan Sara untuk mengusir Hagar dan Ismael tentu sulit bagi Abraham karena bagaimanapun juga Ismael adalah anaknya juga. Rasa kesal, takut dan bimbang bercampur jadi satu. Namun semuanya menjadi berubah setelah Allah berfirman “Janganlah sebal hatimu karena hal anak dan budakmu itu; … sebab yang akan disebut keturunanmu ialah yang berasal dari Ishak. Tetapi keturunan dari hambamu itu juga akan Kubuat menjadi suatu bangsa, karena iapun anakmu.” Keesokan harinya Abraham menjadi tegar dan berani membiarkan Hagar dan Ismael pergi karena Abraham percaya pada pemeliharaan Allah atas hamba dan anaknya itu. Demikian juga dengan Hagar yang begitu putus asa dan sudah menyerah dengan keadaannya yang buruk dalam pengembaraan di padang gurung. Pada akhirnya Hagar kuat dan sanggup menjalani kehidupannya setelah ia percaya kepada firman Tuhan, “Jangan takut, sebab Allah telah mendengar suara anak itu dari tempat ia terbaring…”

Melalui pengalaman dua tokoh ini kita dapat melihat ada perubahan yang nyata dalam sikap dan cara mereka menghadapi kesulitan, setelah mendengar firman Allah yang disampaikan kepada mereka. Dengan kata lain, Abraham dan Hagar bukan hanya mendengar, namun percaya dan berpegang  kepada Allah dan firmanNya.

REFLEKSI
Mari memeriksa respons-respons kita terhadap firman Tuhan yang kita dapatkan: Masih adakah sukacita pada saat menerimanya? Masih adakah kepedihan ketika dosa-dosa kita disingkapkan oleh firman Tuhan? Masih adakah antusiasme untuk mengerjakan perubahan demi perubahan yang Tuhan tunjukkan setiap kali kita menerima firmanNya?

TEKADKU
Terima kasih Tuhan karena Engkau tidak pernah berhenti menjaga dan menuntun kami dengan firmanMu. Berikan kami kepekaan ketika hati kami tidak lagi lembut dalam menyambut firmanMu. Tolong kami untuk senantiasa membuktikan bahwa kami bukan hanya pendengar tetapi juga pelaku firmanMu. Amin

TINDAKANKU
Mengerjakan sedikitnya satu hal yang menyatakan ketaatan kepada Tuhan hari ini. Sebutkan dalam hal apa Anda akan menunjukkan ketaatan Anda kepadaNya hari ini.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«
Next Post
»