suplemenGKI.com

Selasa, 17 Juli 2018

16/07/2018

Yeremia 23:5-6

KRISTUS SEBAGAI TELADAN

 

Pengantar
Seiring perjalanan waktu, Israel terus mengalami pergantian kepemimpinan. Dari Saul kepada Daud, Daud kepada Salomo, dan begitu seterusnya. Kepemimpinan para raja di Israel mengalami pasang surut. Sekali waktu ada raja yang memperlihatkan kepemimpinan yang bijaksana dan takut akan Allah seperti raja Yosia. Namun Israel juga seringkali berada dalam kepemimpinan para raja yang tidak lagi takut akan Allah. Allah melalui para nabi menegur dan mengingatkan. Yeremia adalah nabi yang hidup dibawah kepemimpinan beberapa raja Yehuda. Yeremia menyaksikan kehidupan bangsanya yang semakin terpuruk setelah kematian raja Yosia.

 

Pemahaman

Ayat 5-6               Janji apakah yang disampaikan Allah melalui Yeremia?

Allah menjanjikan hadirnya seorang pemimpin sejati. Yeremia menggunakan sebutan “Tunas Daud yang adil” (ayat 5). Tunas Daud yang adil digambarkan sebagai pemimpin yang bijaksana. Akan memimpin umat dalam kebenaran dan keadilan sehingga umat hidup dalam damai sejahtera (ayat 6)

Yeremia menubuatkan hadirnya seorang pemimpin agung bagi umat Allah. Nubuatan itu menunjuk pada diri Yesus Kristus. Didalam Kristuslah tercermin pemimpin yang benar, adil dan bijaksana. Nubuatan Yeremia ini sejalan dengan nubuatan nabi Yesaya (Yes 11:1).

Kehidupan Yesus Kristus memperlihatkan bahwa DIA adalah pemimpin sejati. Yesus adalah pemimpin yang menggembalakan. DIA hadir buat semua orang. DIA menyapa dan merangkul mereka yang terpinggirkan dan menjadi korban ketidakadilan. DIA menghadirkan pengharapan saat umat terpuruk.

Refleksi
Siapakah Yesus bagi kita? Adakah Yesus menjadi pemimpin dan gembala bagi diri kita dan hidup kita? Sudahkah kita merasakan kasih sayang Kristus yang memulihkan dan membebaskan dari pergumulan dan persoalan yang kita hadapi?

Tekadku
Ya Allahku, kami serahkan hidup kami agar dipimpin oleh-Mu. Biarlah Engkau menolong kami agar tetap taat dan hidup seturut kehendak-Mu

Tindakanku
Tekun dalam doa. Tekun dalam membaca dan merenungkan firman Allah. Tetap aktif dalam kegiatan persekutuan

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«
Next Post
»