suplemenGKI.com

Bacaan : Keluaran 16 : 1-16 ( Lanjutan )

“Tuhan Sang Pemelihara”

PENGANTAR.
PROVIDENSIA ! kata ini berarti Allah sang pemelihara atau pemeliharaan Allah. Kita percaya bahwa Tuhanlah yang memelihara kehidupan umatnya baik secara komunal maupun pribadi. Dalam renungan kita hari ini kita akan belajar tentang Providensia Allah.

PEMAHAMAN.

1. Bagaimana jawaban Tuhan terhadap sungut-sungut umatNya ? apa tujuan Tuhan memberi roti sorgawi tersebut ? ( ayt 4-12).

2. Mengapa ada peraturan dalam menerima manna ? (ayt 13-16)

3. Pelajaran apa yang dapat kita petik melalui kisah ini ?

Sungut-sungut dan kemarahan Israel dijawab Tuhan melalui FirmanNya ( ayt 4-5) “IA akan menurunkan hujan roti dari langit”. Tujuan diturunkannya hujan roti tersebut adalah untuk mencoba Israel, apakah mereka mematuhi hukum Tuhan atau sebaliknya ? pertanyaannya adalah, mengapa Tuhan menguji Israel ? Tuhan menguji Israel terkait dengan pernyataan Israel yang lebih memilih  mati di Mesir dengan keadaan kenyang daripada mati sebagai orang merdeka  namun kelaparan. Jika dicermati ayat 3-6 seolah-olah Tuhan menguji Israel, namun ayat 11-12 nyata bahwa Tuhan menyatakan kemurahanNya kepada Israel. Melalui kisah ini kita dapat melihat sifat Allah yang menonjol.

1. Bahwa Tuhan berlimpah Anugerah. Memberikan makanan kepada umatNya di padang gurun, yaitu tempat dimana makanan tidak mungkin diperoleh. AnugerahNya tampak pada kesediaanNya memberikan makanan setiap hari kepada umatNya.

2. Bahwa Tuhan itu Pemurah yang harus ditaati. Mereka harus taat dan percaya kepada Tuhan sang Pemelihara kehidupan. Ketika ada sebagian bangsa itu mengumpulkan banyak dan sebagian sedikit namun setiap orang memperoleh menurut keperluannya sendiri. Dan jika roti itu ditinggalkan sampai pagi maka roti itu akan berulat dan berbau busuk. Jadi harus dikumpulkan dan dimakan setiap hari. Dan pemeliharaan Tuhan dinyatakan setiap hari.

Apa yang dialami umat Israel menjadi pelajaran berharga bagi kita.
1. Bahwa Tuhan Sang pemelihara kehidupan kita,
2. Percayalah dengan segenap hati kepada Tuhan Sang Pemelihara kehidupan kita.
3.Bersyukurlah kepada Tuhan yang memelihara kita setiap hari, DIA selalu menyediakan berkatNya. Amin.

REFLEKSI
Percayakah anda kepada pemeliharaan Tuhan ? apakah anda mengalaminya ? bagaimana sikap anda terhadap pemeliharaan Tuhan ?

TEKADKU
Ya Tuhan ajarlah saya mensyukuri setiap berkatMU.

TINDAKANKU
Mulai hari ini saya harus percaya kepada  Tuhan yang memelihara saya dengan berkat-berkatNya yang tercurah setiap hari.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*