suplemenGKI.com

Bacaan Mazmur 91

Allah Tempat Perlindunganku

 

                Pemazmur menggambarkan betapa tenangnya orang-orang yang mempunyai tempat perlindungan. Orang –orang yang mempunyai tempat perlindungan sejati adalah orang-orang yang percaya kepada Tuhan yang hidup dan yang juga berkuasa melindungi umatNya.

  1. Apa yang akan dilakukan Tuhan terhadap orang-orang yang berlindung kepada-Nya?
  2. Apa yang harus dilakukan oleh orang-orang  yang percaya kepada Tuhan sebagai tempat perlindungannya?
  3. Apa yang dilakukan Tuhan terhadap “musuh” dari orang-orang yang percaya kepadaNya?
  4. Hal apakah yang dapat kita pelajari dari bacaan tersebut?

 

Renungan:

                Mazmur 91, berbicara mengenai Allah yang menjadi tempat perlindungan bagi orang-orang yang percaya kepadaNya. Hidup  di dalam dunia ini tidak selamanya baik, namun juga ada saat-saat yang mencekam, adanya pencobaan, dan adanya malapetaka. Umat Tuhan ingin diyakinkan bahwa Tuhan adalah penyelamat dan tempat perlindungan yang aman.

                Bahaya peperangan dan penyakit yang dahsyat tidak akan menimpa umat Tuhan, karena malaikatNya akan menjaga segala jalan yang ditempuhnya. Bahkan binatang buas seperti singa dan ular tedung tidak akan menyakiti umatNya. Perlindungan yang Tuhan berikan kepada umatNya dari pagi, siang hingga petang.

                Tuhan menjanjikan keselamatan bagi umatNya yang percaya kepadaNya, yaitu mereka yang melekat kepadaNya dan mengenalNya. Bagi orang-orang yang berseru kepadaNya Tuhan tidak memalingkan mukaNya, namun justru akan menjawab segala pergumulannya dan Tuhan berjanji akan menyertaiNya di dalam segala persoalan yang ada.

                Di dalam perjalanan hidup di dunia ini pasti kita akan menjumpai berbagai persoalan kehidupan ini. Adanya kesusahan, kesakitan, kegalauan, kekuatiran, kecemasan dan lain sebagainya sering kali tidak mungkin kita hindari dari kehidupan ini. Tentunya kita harus menghadapinya dengan bijak, persoalannya sering kali kita terpancing untuk mengandalkan kekuatan kita, dari segi relasi teman, harta atau bahkan pikiran kita untuk menghadapi persoalan tersebut.

                Melalui bacaan Mazmur 91ini, kita diajarkan untuk menjadikan Tuhan sebagai tempat perlindungan seumur hidup kita, baik pagi, siang, maupun malam. Tuhan ingin orang-orang yang percaya kepadaNya mengandalkan Dia dalam segala waktu. Tuhan juga berjanji akan memberikan yang terbaik bagi orang-orang yang berpengharapan kepadaNya.

                Dalam bagian mazmur ini, Tuhan juga berharap umatNya semakin hari semakin mengenal Tuhannya dan hidupnya semakin hari semakin melekat kepadaNya. Itu berarti kita semakin hari semakin berusaha untuk mengenal Dia, karena pengenalan akan Tuhan tidak pernah berjalan secara otomatis, namun harus diusahakan dengan baik. Ada upaya yang dilakukan umatNya dengan sengaja untuk mengenalNya dengan baik.

                Sering kali kita dengan mudahnya mengenal orang lain, bahkan orang yang baru kita kenal, kita sudah banyak mengetahui tentang dia, karena kita aktif mengajak berdialog dengannya.

                Bgaimana pengenalan kita akan Tuhan yang menjadi tempat perlindungan bagi kita. Sudahkah kita berdialog dengan Dia di dalam doa-doa kita? Atau di dalam terang FirmanNya? Mari luangkan waktu untuk mengenal Tuhan yang menjadi tempat perlindungan kita.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«