suplemenGKI.com

Mazmur 107:1-16

ALLAH TIDAK PERNAH BERHENTI BERKARYA

 

Pengantar
Tidak pernah dapat terbayangkan bagaimana perasaan Horatio Spafford saat mendengar bahwa keempat putrinya tenggelam bersama kapal yang mereka tumpangi. Rumah dan usaha yang ia miliki musnah karena kebakaran besar yang melanda Chicago. Tak lama berselang Horatio Spafford juga kehilangan anak laki-lakinya karena penyakit Pneumonia. Itulah kisah tragis yang dialami oleh Horatio Spafford penulis syair lagu It Is Well With My Soul (NKB 195 Kendati Hidupku Tentram). Meski kehidupannya dipenuhi oleh berbagai persoalan dan dukacita, sedikitpun imannya tidak mengendur atau surut. Horatio terus berkarya disepanjang hidupnya untuk mempersaksikan iman percayanya kepada Allah.

Pemazmur dalam bacaan hari ini juga tengah menyampaikan kesaksian iman. Dia memperlihatkan bagaimana Allah bekerja dalam kehidupan umat. Allah tidak pernah meninggalkan umat-Nya. Dalam segala situasi dan kondisi Allah tetap setia.

Pemahaman
Ayat 1 – 3         Ajakan apa yang disampaikan oleh pemazmur ?
Ayat 4 – 9         Siapakah yang dimaksudkan pemazmur dalam nyanyiannya ? Apakah hikmah dari peristiwa yang mereka alami ?
Ayat 10 – 16      Apakah yang terjadi pada orang-orang yang memberontak kepada Allah ?

Bagaimanakah kehidupan mereka ? Apakah yang mereka lakukan dan bagaimana tanggapan Allah ?

Pemazmur dalam nyanyiannya mengajak umat Allah untuk menaikkan syukur kepada Allah. Pemazmur menyadari bahwa umat sesungguhnya telah merasakan bagaimana Allah telah melepaskan mereka dari kesesakan. Allah telah memperlihatkan kesetiaannya dalam berbagai peristiwa yang terjadi dalam kehidupan umat. Allah tidak pernah meninggalkan umat-Nya walau untuk sesaat.

Pemazmur merefleksikan pengalaman dari umat Allah dimasa lampau. Ketika mereka berada di Mesir sebagai budak yang tertindas dan bagaimana Allah memperhatikan seruan mereka (ayat 4-9). Allah bertindak melepaskan mereka dari penderitaan. Allah menuntun umat-Nya ke tanah yang dijanjikan. Meski perjalanan panjang menuju tanah yang dijanjikan penuh dengan bahaya, Allah terus menyertai mereka.

Pemazmur juga mengingat peristiwa pembuangan yang dialami oleh umat Allah (ayat 10-16). Pemberontakan umat kepada Allah yang membuat mereka dihukum dan dibuang ke Babel. Dalam kesesakan mereka ditanah pembuangan, umat berseru memohon agar Allah menyelamatkan mereka. Dan Allah mendengar permohonan umat-Nya.

Apa yang hendak ditunjukkan oleh pemazmur bahwa  Allah adalah Allah yang penuh kasih dan setia kepada umat-Nya. Disaat umat hidup dalam ketidakpastian, penderitaan, dan bahaya Allah tetap mendengar dan memperhatikan umat-Nya. Meski umat-Nya telah memberontak dan melawan semua perintah-Nya, Allah tetap memperhatikan kehidupan umat-Nya.

Berapa banyak kebaikan lagi yang harus diperlihatkan Allah kepada umat agar mereka menyadari bahwa Allah adalah Allah yang penuh kasih dan setia. Umat dimasa sekarang diajak untuk melihat kembali apa yang telah Allah kerjakan dalam kehidupan mereka ? Ketika saat ini setiap orang diperhadapkan dalam kesulitan tidakkah ini menjadi kesempatan untuk memperlihatkan keyakinan iman kepada Allah ? Keyakinan iman bahwa Allah yang telah bekerja bagi umat-Nya di masa lampau akan terus berkarya di masa sekarang dan juga di masa depan.

Refleksi
Merenungkan setiap peristiwa dalam hidup perlu dilakukan oleh umat Allah. Hal yang sama dilakukan oleh Pemazmur. Agar dengan demikian setiap orang dapat menyadari bahwa Allah adalah Allah yang hebat. Allah yang kebaikannya tidak dapat dibandingkan oleh apapun. Yang kebaikan-Nya tidak dapat diukur oleh siapapun. Semua yang Allah kerjakan dalam hidup umat seharusnya menjadi pegangan yang memperkuat iman umat Allah.

Tekadku
Ya Allah, kami percaya Engkau adalah Allah yang terus berkarya dalam kehidupan kami. Engkau tidak akan pernah berhenti memberikan yang terbaik bagi kami.

Tindakanku
Menyediakan waktu setiap hari untuk melakukan meditasi dan bersaat teduh. Mengingatkan anggota keluarga tentang kebaikan-kebaikan Tuhan dimasa lampau. Menguatkan saudara-saudara yang tertimpa musibah agar tetap percaya dan beriman kepada Allah.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«