suplemenGKI.com

Kejadian 15:7-21

MELIHAT TANDA-TANDA KEHADIRANNYA

PENGANTAR
Sama seperti hubungan kita dengan sesama, hubungan kita dengan Tuhan sering kali juga tidak stabil. Dari satu sisi, ini wajar karena memang ada banyak faktor yang mempengaruhi iman kita. Namun, hubungan yang tidak stabil itu bukanlah kehendak-Nya. Hubungan yang tidak stabil akan mengganggu pertumbuhan kerohanian kita. Hubungan yang tidak stabil juga akan menghambat rencana Tuhan dalam hidup kita. Karena itulah Tuhan selalu mendorong dan membantu kita agar memiliki hubungan yang semakin mantap dengan Dia. Salah satu cara yang Tuhan pakai adalah dengan menyatakan kehadiran-Nya di hadapan kita.

PEMAHAMAN
Ay. 7-8        Lihat juga ay. 18-21, dan lihatlah peta di bagian belakang Alkitab (peta pertama, Dunia Zaman Purba). Apa yang dijanjikan Tuhan kepada Abram? Bagaimana tanggapan Abram?

Ay. 9-17      Apa jawaban Tuhan kepada Abram? Apa saja yang dilakukan Tuhan baginya? Bandingkanlah dengan seseorang yang sedang mengikat perjanjian (kontrak) dengan orang lain. Jika Anda berada dalam posisi Abram, cukupkah semua itu untuk membuat Anda percaya kepada janji-Nya?

Setelah meneguhkan janji-Nya mengenai keturunan, Tuhan memberikan janji yang lain kepada Abram. Tuhan menyebutkan suatu wilayah yang sangat luas untuk diberikan kepada Abram dan keturunannya (ay. 7, 18-21). Tentu, Abram merasa senang. Namun, Abram juga membutuhkan kepastian bahwa ia akan menerima apa yang Tuhan janjikan. Karena itulah Abram bertanya kepada Tuhan, “ … dari manakah Aku tahu bahwa aku akan memiliknya?”

Bagaimana Tuhan menjawab pertanyaan Abram? Tuhan memenuhi permintaan Abram yang membutuhkan jaminan/ kepastian. Tuhan mengajak Abram melakukan beberapa hal yang pada zaman itu dipahami sebagai pengikatan perjanjian (kontrak) antara dua pihak. Beberapa jenis binatang, sesuai ketentuan pada masa itu, dipotong menjadi dua bagian sebagai segel/ meterai untuk masing-masing pihak. Yang menarik, selain menyampaikan isi janji-Nya melalui mimpi (ay.13-16), Tuhan juga menyatakan kehadiran-Nya secara fisik di hadapan Abram dalam wujud api yang menyala dan berasap, yang berjalan melewati semua potongan daging itu (ay. 17). Di hadapan Abram, Tuhan membubuhkan tanda tangan-Nya sebagai jaminan atas apa yang dijanjikan-Nya.

Jika Anda dalam posisi Abram, apakah semua itu cukup untuk membuat Anda percaya kepada-Nya? Seharusnya memang demikian. Sejak dahulu hingga sekarang, Tuhan senantiasa berupaya meneguhkan iman kita. Ada banyak hal yang Tuhan lakukan untuk meyakinkan kita bahwa Ia akan menggenapi firman-Nya

REFLEKSI
Hal apa saja yang sering membuat hubungan Anda dengan Tuhan tidak stabil? Apa yang telah Tuhan lakukan bagi Anda untuk meneguhkan iman Anda? Apa yang Anda sendiri lakukan untuk menjaga agar hubungan Anda dengan Tuhan tetap stabil?

TEKADKU
Tuhan, ajarlah aku melihat tanda-tanda kehadiran-Mu dalam kehidupanku dan mantapkanlah imanku.

TINDAKANKU
Temukanlah tanda-tanda kehadiran Tuhan dalam kehidupan Anda selama beberapa hari ini; temukanlah beberapa dan bagikanlah satu atau dua di antaranya kepada seorang sahabat/ teman Anda.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«