suplemenGKI.com

Selasa, 15 Mei 2018

14/05/2018

Kisah Para Rasul 2:14-21

ROH KUDUS MENOLONG UMAT MENYATAKAN FIRMAN ALLAH

 

Pengantar
Siapa yang tidak mengenal Petrus? Tokoh yang kontroversial. Mengakui bahwa Yesus adalah Mesias namun ia juga menyangkal Yesus tiga kali. Petrus atau yang disebut Kefas adalah salah seorang murid Yesus yang dianggap paling berpengaruh. Sehingga tidak mengherankan jika dia dipandang sebagai pemimpin murid dan pengikut Yesus.

Petrus yang kontroversial memperlihatkan sikap yang berbeda pasca turunnya Roh Kudus. Ditengah-tengah situasi mencekam dimana banyak orang Yahudi tidak menyukai pengikut-pengikut Yesus, Petrus dengan berani menyampaikan firman Allah.

Pemahaman

Ayat 14-15    Apa yang dilakukan Petrus saat sekelompok orang beranggapan murid Yesus dan

pengikut Yesus mabuk ?

Ayat 16-21    Apa yang dinubuatkan nabi Yoel ?

Petrus mengetahui bahwa ada orang-orang yang tidak menyukai apa yang dialami oleh murid dan pengikut Yesus. Mereka menuduh pengikut Yesus mabuk sehingga bisa berbicara menggunakan bahasa yang berbeda-beda. Petrus dengan lantang dan berani menegur orang-orang yang menuduh pengikut Yesus mabuk. Petrus kemudian menyampaikan nubuatan nabi Yoel. Petrus hendak mengingatkan bahwa peristiwa turunnya Roh Kudus telah dinubuatkan oleh para nabi sejak Perjanjian Lama.

Peristiwa turunnya Roh Kudus menjadi sebuah momentum terjadinya perubahan dalam diri murid-murid dan pengikut Yesus. Di tengah-tengah situasi banyak orang membenci mereka, Roh Kudus memampukan mereka untuk menyatakan firman Allah. Petrus yang kontroversial menjadi pemimpin murid-murid Yesus untuk menyampaikan firman Allah kepada banyak orang di Yerusalem. Hari itu ribuan orang diselamatkan dan menjadi pengikut Yesus.

Bukan sebuah perkara yang mudah memberitakan firman Allah ditengah tengah situasi ada banyak orang membenci kita. Namun hadirnya Roh Kudus menolong dan memampukan kita untuk berani menyatakan firman Allah.

Refleksi
Mari melihat dalam diri kita, sudahkan kita mencerminkan hidup yang menyuarakan kebenaran? Beranikah kita menjadi saksi Tuhan dan tidak malu mengakui jati diri kita sebagai orang Kristen? Dan rasakanlah bagaimana Roh Kudus selalu menguatkan kita untuk menjadi saksi kebenaran dalam seluruh kehidupan kita?

Tekadku
Tuhan, aku mau sungguh-sungguh menyatakan hidup sebagai saksi Kristus lewat perkataan dan perbuatanku. Dan bahkan aku mau dikuatkan oleh Roh Kudus agar tidak pernah malu mengaku diri sebagai orang Kristen dan tidak akan mempermalukan Allah lewat perbuatanku.

Tindakanku
Aku mau menyediakan waktu untuk mempelajari Firman Allah setiap hari sehingga dimampukan semakin mengetahui kehendak Allah dan mau berbagi hasil perenungan Firman Allah kepada keluarga dan orang sekitar dalam perbuatan nyata. Dan aku juga mau bertekun dalam doa sehingga dikuatkan menjalankan Firman Allah di setiap hari.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«
Next Post
»