suplemenGKI.com

TANDA KEHAMBAAN

2 Samuel 7:12-29

 

PENGANTAR
Bagi yang terbiasa mengamati penampilan militer akan mudah membedakan antara Kopassus dan Marinir.  Selain dilihat dari seragamnya, juga dari warna baret yang dikenakan.  Kopassus merah terang, sedangkan Marinir cenderung ungu.  Dua hal itu menjadi tanda untuk mengenali sekaligus membedakan keduanya.  Hal tentang tanda ini juga berlaku umum dalam kehidupan, termasuk bagi orang percaya seperti tersirat dari bacaan yang masih berfokus pada kehidupan Daud.  Apa yang menjadi tanda kehambaan Daud di hadapan Tuhan?  Mari kita renungkan agar kita juga mempunyai tanda sebagai hamba-Nya.

PEMAHAMAN

  • Apa inti pesan yang Allah sampaikan kepada Daud melalui nabi Natan? (ayat 12, 13)
  • Bagaimana respons Daud setelah mendengar pesan Allah melalui nabi-Nya? (ayat 18, 29)
  • Bagaimana saudara menghidupi diri sebagai hamba-Nya dalam keseharian hidup?

Daud tidak menduga bahwa apa yang disampaikan nabi Natan sebelumnya (ayat 3), bakal berbeda dengan pesan dari Allah,  “Aku akan membangkitkan keturunanmu yang kemudian . . . Dialah yang akan mendirikan rumah bagi nama-Ku” (ayat 12, 13).  Pesan Allah jelas berbeda dengan keinginan Daud untuk membangun Bait Allah di masa pemerintahannya yang sukses.  Apakah Daud kecewa, marah atau mencoba menawar keputusan Allah?  Alkitab mencatat sebaliknya, Daud masuk dan duduk di hadapan Allah sambil berkata, “Siapakah aku ini, ya Tuhan ALLAH, dan siapakah keluargaku, sehingga Engkau membawa aku sampai sedemikian ini?” Doa syukur Daud ini menunjukkan bukti dan tanda kehambaannya di hadapan Tuhan.  Tanda seperti apa?

Pertama, Daud menghargai otoritas Allah.  Beberapa kali Daud menyebut “Tuhan ALLAH” dalam doanya (18, 19, 20, 25, dst).  Daud mengakui Allah sebagai pencipta alam semesta sekaligus pemilik Israel, maka Allah-lah yang berhak menjadikan Israel lebih baik.  Bukan Daud atau siapapun dan keadaan apapun.  Daud menempatkan dirinya benar-benar sebagai hamba Tuhan, bukan hamba dari kekuatan dan kesanggupannya sebagai manusia.  Tuhan berotoritas   menentukan yang baik menurut cara-Nya sendiri.   Daud diingatkan bahwa sebagai hamba Tuhan ada otoritas yang lebih tinggi dari dirinya.  Kedua, Daud percaya penuh pada kedaulatan Allah (ayat 18).  Doa syukur Daud mengungkapkan sejarah kehidupan Daud dan keluarganya yang tidak lepas dari rancangan baik Allah.   Daud kembali mempercayakan hidup dan keturunan selanjutnya pada kehendak Allah yang baik (ayat 25-29).  Kedua tanda itulah yang menunjukkan Daud menempatkan dirinya sebagai hamba Tuhan, yang terbukti dalam praktik hidup yang menghormati otoritas Tuhan dan bersedia percaya penuh kepada Allah.

Harus diakui, pengalaman hidup dan jabatan seringkali menjadi rujukan ketika mengambil keputusan dalam hidup dan pelayanan.  Sudahkah kita menjadi hamba Tuhan dengan lebih dulu mencari tahu apa yang menjadi kehendak-Nya?  Menyertakan Tuhan berarti menggumulkan setiap rencana bukan atas dasar kemampuan mencapainya saja, tetapi berusaha menemukan apa yang menjadi kehendak Tuhan.  Bila tidak, jangan-jangan sadar atau tidak, kita sedang menempatkan Tuhan sebagai hamba untuk melaksanakan yang terbaik menurut kita.  Kitalah hamba Tuhan;  bukan sebaliknya.  Mari mewujudkan tanda kehambaan di setiap segi kehidupan. 

REFLEKSI
Mari merenungkan: Tanda sebagai hamba adalah mengakui Allah sebagai pribadi yang berkuasa menentukan segalanya dan percaya kehendak-Nya selalu mendatangkan kebaikan dalam hidup.

TEKADKU
Ya Tuhan tolonglah agar aku dapat mewujudkan tanda kehambaan dalam hidup dan karya pelayanan sehingga nama Tuhan saja yang diagungkan, bukan pribadiku.

TINDAKANKU
Memasuki minggu Adven 4 ini aku mau belajar menundukkan pikiran, rencana, keputusan, kehendak dan terlebih hatiku pada Tuhan Sang Tuan dalam hidupku.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«