suplemenGKI.com

Selasa, 14 Mei 2019

13/05/2019

KABAR BAIK BAGI BANGSA LAIN (bagian 2)

Kisah Para Rasul 11:4-18

 

Pengantar
Pada bacaan sebelumnya kita telah mengetahui bersama tentang pertentangan yang timbul dari golongan bersunat tentang berita keselamatan yang disampaikan Petrus kepada Kornelius. Dalam menghadapi hal itu, Petrus sama sekali tidak gegabah dan tidak marah. Ia menyadari bahwa mereka belum mendengar langsung peristiwa yang sesungguhnya, atau mungkin hanya mendengar berita itu dari orang lain. Oleh sebab itu, Petrus bermaksud untuk meluruskan pertentangan yang terjadi dan mengubah pola pikir mereka bahwa keselamatan bukan hanya diperuntukkan bagi bangsa Yahudi, tetapi juga bagi bangsa lain.

Pemahaman

  • Ayat 4-17       : Bagaimanakah Petrus memberikan penjelasan kepada orang-orang golongan bersunat yang mempertentangkan baptisan Kornelius?
  • Ayat 18          : Bagaimana respon mereka ketika mendengar penjelasan Petrus?

Di ayat 4-18 Petrus menjelaskan semua pengalamannya. Pertama, Petrus menceritakan bahwa ia mendapatkan penglihatan Ilahi ketika sedang berdoa (v. 4-10). Kedua, ia menerima perintah Ilahi, yang mana ada tiga orang dari Kaisarea berdiri di depan rumah dan oleh Roh, ia diperintahkan untuk pergi (v. 11-12). Ketiga, melihat adanya persiapan Ilahi, yang mana ada orang-orang yang dipersiapkan untuk menjemputnya (v. 13-14). Keempat, Petrus menyaksikan Allah sendiri yang bertindak sehingga Kornelius dan keluarganya menjadi percaya lalu dibaptis  (v. 15-17). Petrus menceritakan hal ini dengan tujuan supaya mereka tahu bahwa berita keselamatan yang diterima oleh Kornelius terjadi atas kehendak Allah.

Ketika orang-orang dari golongan yang bersunat mendengar penjelasan dari Petrus, mereka mendengarkan dengan sungguh-sungguh. Mereka memberikan kesempatan kepada Petrus untuk berbicara.  Ketika Petrus telah selesai menceritakan pengalamannya, maka mereka pun menjadi tenang dan memahami bahwa karya keselamatan Kristus tidak dibatasi oleh asal-muasal suku bangsa. Bangsa lain pun berhak untuk menerima keselamatan dari Kristus. Baik orang Yahudi maupun non-Yahudi adalah satu kesatuan umat pilihan Tuhan. Demikian pula bagi Kornelius dan semua orang asing di luar Yahudi, mereka bukan lagi warga yang terpinggirkan. Kornelius dan semua orang yang percaya kepada Kristus, oleh buah karya Roh Kudus, adalah warga Kerajaan Sorga. Oleh sebab itulah, semua orang dari berbagai suku bangsa yang percaya dan menerima Kristus dipersatukan untuk memuliakan Allah dengan penuh sukacita.

Refleksi
Alihkan pandangan saudara sejenak ke luar, renungkanlah: gereja terdiri dari berbagai kelompok atau denominasi dengan berbagai aliran atau paham yang dianutnya. Seringkali tanpa disadari masing-masing anggota melihat denominasi lain dalam hal kekurangannya. Bukankah seharusnya tugas utama gereja adalah mewartakan kasih karunia Allah dalam kehidupan umat manusia, tanpa membedakan latar belakangnya?

Tekad
Tuhan, dengan rendah hati aku mau memberikan hidupku sebagai alat pewarta cinta kasih-Mu pada orang-orang di sekitarku.

Tindakan
Hari ini aku akan mengajak salah seorang saudara seimanku yang berasal dari denominasi gereja lain untuk melakukan satu tindakan kasih sebagai bentuk pewartaan cinta kasih Allah pada dunia.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«
Next Post
»