suplemenGKI.com

Bacaan : 1 Raja-raja 19 : 5 – 8.

Thema : “Pemeliharaan Allah yang Ajaib”

 

PENGANTAR.
Hidup dalam ancaman dan pelarian bukanlah hal yang mengenakkan. Rasa kuatir dan was-was terhadap orang yang mengancam akan terus membayangi dimanapun ia berada. Jika rasa kuatir terus menguasai maka ia berada dalam kondisi keputusasaan. Pada saat itu Elia sedang diburu oleh tentara Israel atas perintah Izebel. Sedangkan didepannya terbentang padang gurun yang sangat luas dimana bahaya bisa datang tak terduga. Bekal makananpun ia tidak punya. Menyikapi semua itu Elia memohon agar Tuhan memanggil nyawanya. Ditengah-tengah pergumulan itulah Elia tertidur. Apakah yang akan terjadi dengan Elia ?

PEMAHAMAN.

  1. Bagaimana kondisi Elia pada saat itu ? Kejadian apakah yang dialami Elia ? bagaimana cara Allah memelihara Elia ? ( ayat 5-7 )
  2. Apakah manfaat pemeliharaan Allah bagi perjalanan Elia ? ( ayat 8 )

Ditengah-tengah kecapaian dan kepenatan hidup karena persoalan dapat membuat seseorang tidak tenang dan susah tidur. Kalaupun bisa tidur biasanya tidak bisa nyenyak. Elia yang saat itu sedang putus asa karena diburu pasukan Izebel berada dalam pelarian menuju gunung Horeb. Di padang gurun, Elia berteduh dibawah pohon arar dan berkeluh kesah kepada Tuhan. Mungkin karena kepenatan dan kecapaiannya membuat Elia tertidur. Mungkin Elia tidur cukup pulas. Dan pada saat Elia tidur seorang malaikat membangunkannya dan memerintahkan Elia untuk makan. Dan ketika Elia membuka mata disebelah kepalanya telah tersedia roti bakar, kemudian Elia memakannya. Setelah itu Elia tidur lagi, dan malaikat itu menyediakan makanan lagi dan Eliapun memakannya. Itulah cara Tuhan memelihara Elia dengan cara yang ajaib. Coba kita bayangkan, peristiwa tersebut terjadi di padang  gurun, dari mana datangnya roti bakar yang enak tersebut ? bukankah merupakan cara Tuhan memelihara hambaNya. Tuhan mempunyai bermacam-macam cara dalam memelihara hambaNya juga umatNya secara ajaib. Mungkin kita masih ingat ketika Tuhan memelihara Elia di sungai Kerit atau umat Israel yang telah dipelihara selama 40 tahun dengan manna.

Pemeliharaan Tuhan memang sangat luar biasa. Dan yang luar biasa lagi adalah roti yang dimakan Elia tersebut telah memberi kekuatan supra natural kepadanya. Bayangkan setelah Elia makan roti tersebut, Elia dapat menempuh perjalanan selama 40 hari, 40 malam sampai Elia tiba di gunung Horeb. Secara umum manusia tidak mungkin dapat melakukan perjalanan selama 40 hari, 40 malam tanpa makan dan minum. Akan tetapi Elia bisa melakukannya. Pasti dibalik semuanya itu ada campur tangan Tuhan yang memampukan Elia melakukan semua itu. Pertolongan Tuhan itu nyata kepada hambaNya yang setia.

REFLEKSI.
Renungkanlah : Di saat-saat yang sulit, pernahkah saudara merasakan pemeliharaan Tuhan ? pernahkah saudara mengalami campur tangan Tuhan ketika menghadapi masa-masa sulit ?

TEKADKU.
Ya Tuhan, saya mengucap syukur atas pemeliharaan dan pertolonganMu yang selalu nyata dalam kehidupanku.

TINDAKANKU.
Saya akan bersaksi kepada teman-temanku, orang-orang yang dekat denganku tentang pemeliharaan dan pertolongan Tuhan.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*