suplemenGKI.com
Belas KasihNya

Belas KasihNya

Yoel 2: 18-27

Belas KasihNYA Untuk Yang Bertobat

 

Melalui nabi Yoel, Tuhan berharap bahwa bangsa Yehuda mau bertobat, sehingga Tuhan tidak akan memberikan hukuman namun Tuhan justru memberikan berkatNya. Bagi bangsa yang mau bertobat Tuhan menyediakan pengampunanNya serta perlindunganNya.

  1. Apa yang dijanjikan Tuhan bagi bangsa yang mau bertobat?
  2. Apa yang diharapkan Tuhan bagi bangsa yang akan dipulihkan?
  3. Pelajaran apakah yang dapat kita ambil dari bacaan di atas?

Renungan:

Seruan untuk bertobat di beritakan oleh Nabi Yoel, baik mereka yang punya jabatan maupun orang biasa, baik mereka yang mampu atau yang sederhana, baik mereka yang sedang bergembira maupun yang sedang mabuk. Semua insan diharapkan melakukan pertobatan.

Yoel mengingatkan salah satu karakter Tuhan adalah cemburu, Tuhan ingin umatNya tidak mendua hatinya, disatu pihak beribadah kepada Tuhan dipihak lain menyembah berhala. Namun kecemburuan Tuhan tetap di dalam kasihNya, kecemburuan yang tetap menunjukkan belas kasihnya, teguranNya tetap memberikan jalan keluar, yang Tuhan inginkan bukan kehancuran umatNya namun kembalinya umatNya kepangkuanNya.

Tuhan mengingatkan kepada umatNya kalau mereka kembal kepadaNya, maka Tuhan akan memulihkan keadaan mereka. Tuhan akan memberikan perlindungan kembali kepada umatNya dari tangan-tangan musuhnya, dan Tuhan tidak akan menyerahkan umatNya kepada bangsa-bangsa lain untuk menjadi celaan. Tuhan juga akan menghalau musuh-musuh umatNya baik yang datang dari utara, selatan, timur atau barat.

Bagi bangsa yang bertobat, Tuhan juga akan memulihkan kembali apa yang telah rusak, tanah yang tandus akan menjadi tanah yang subur, hujan akan turun tepat pada waktunya, panen yang gagal menjadi panen yang berlimpah hasilnya, tempat pengirikan yang sepi menjadi tempat pengirikan yang ramai dengan gandum, anggur dan minyak. Mereka yang dahulu kelaparan akan dikenyangkanNya.

Pertobatan itu akan membawa sukacita yang besar, oleh sebab itu Yoel menganjurkan mereka bersuka cita di dalam Tuhan, karena Tuhan akan memenuhi janji-janjiNya. Tuhan akan terus melakukan perbuatan-perbuatan yang ajaib bagi umat yang dikasihiNya. Dan umatNya akan semakin sadar bahwa mereka memiliki Tuhan yang hidup yang dapat diandalkan oleh mereka setiap waktu.

Tuhan memulihkan orang yang bertobat ini kata kunci kita, Tuhan dapat pulihkan hartanya (termasuk hasil tanaman/kebun), Tuhan pulihkan tubuhnya (menjadi sehat, tidak kelaparan lagi), dan Tuhan pulihkan jiwanya (memiliki hubungan yang baik dengan Tuhan), Tuhan juga pulihkan hubungan yang baik antar sesama manusia. Oleh sebab itu Yoel mengajak mereka untuk memuji-muji Tuhan, bersorak-sorai, bersuka-cita di dalam Tuhan. Sehingga menjalani hidup ini tidak dengan ketakutan tetapi penuh percaya pada pimpinan Tuhan. Amin

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*