suplemenGKI.com

Bacaan Mazmur 80

PULIHKANLAH KAMI

Mazmur ini mengenai kerajaan utara Israel, yang digambarkan dengan nama-nama: Yusuf, Efraim, Manasye dan Benyamin. Mazmur ini juga mengambarkan betapa terpuruknya keadaan mereka semua dan mereka berharap Tuhan yang akan menyelamatkan kondisi mereka.

1.      Mengapa kerajaan utara Israel mengalami keterpurukan?

2.      Bagaimanakah pemazmur menggambar keadaan mereka yang sedang terputuk?

3.      Bgaimana pemazmur menggambarkan Tuhan bagi mereka?

4.      Apa yang kita pelajari hari ini?

Renungan

Keadaan kerajaan utara Israel sedang mengalami keadaan yang sangat berduka karena Tuhan murka kepadaNya, bahkan doa merekapun tidak didengarNya (ay 5), hal ini disebabkan karena mereka telah berpaling dari Tuhan. Sehingga Tuhan menghukum mereka, dan keadaan mereka sangat menyedihkan.

Pemazmur menggambarkan keadaan mereka seperti pohon anggur yang daunnya dipetik oleh orang dengan sembarangan, babi hutan menggerogotinya dan binatang-binatang dipadang memakannya (ay 14), bahkan batangnya dibakar dan ditebangnya (ay 17). Tentunya keadaan ini membuat musuh-musuh mereka mengolok-olokkannya (ay 7).

Pemazmur mengajarkan untuk bangsa Israel kembali kepada Tuhan dengan mengakui Tuhan sebagai Gembala Israel. Kesadaran bahwa Tuhan sebagai Gembala Israel sangat penting bagi pertobatan mereka semua, sehingga mereka tidak mengandalkan pertolongan dan perlindungan kepada bangsa lain tetapi kepada Tuhan.

Kesadaran bahwa Tuhan sebagai pencipta alam semesta akan membuat bangsa Israel menyadari bahwa segala berkat yang ada di bumi ini karena Tuhan yang memberikan semuanya kepada umatNya. Karena Tuhan berkuasa memberi maka Tuhan juga berkuasa untuk mengambilnya. Tuhan telah memberikan yang terbaik bagi bangsa Israel dan bahkan bangsa Israel disebut sebagai pohon anggur yang subur, namun ketika bangsa Israel berpaling kepada Tuhan, maka Tuhan mengambil-Nya kembali dan keadaan bangsa Israel seperti pohon anggur yang rusak.

Pemazmur terus memohon Tuhan yang akan memulihkan bangsa Israel, tentunya sebelum terjadi pemilihan,harus ada tindakan pertobatan yang dilakukan, yaitu berbalik dari dosa kepada Tuhan yang mengampuni dosa-dosa mereka. Pemulihan terjadi kalau ada mereka berani terbuka kepada Tuhan. Berani mengintrospeksi diri sendiri dan melakukan perubahan yang mendasar akan menyelamatkan bangsa Israel dari murka Tuhan yang berkepanjangan.

Pemazmur berharap wajah Tuhan akan bersinar melihat perubahan yang akan terjadi dalam bangsa Israel.

Bagaimana dengan kehidupan rohani kita? Pernahkah kita mengintrospeksi diri kita masing-masing dihadapan Tuhan. Ataukah kita sedang dalam keadaan yang terpuruk, dan kita juga dapat berseru kepada Tuhan, pulihkanlah kami ya Tuhan semesta alam.

Berani mengintrospeksi diri adalah awal pemulihan hubungan kita dengan Tuhan.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«