suplemenGKI.com

Selasa, 13 Mei 2014

12/05/2014

Mazmur 31:1-9

“MEMPERCAYAKAN DIRI SEPENUHNYA KEPADA TUHAN”


Pengantar
Apa respons kita andaikan saja kita berada pada poasisi Daud saat dikejar-kejar oleh Saul, sebagaimana dikisahkan dalam I Samuel 23:10-12? Di tengah situasi yang pelik itu, bertanyalah Daud: “Tuhan, Allah Israel, hamba-Mu ini telah mendengar kabar pasti, bahwa Saul berikhtiar untuk dating ke Kehila dan memusnahkan kota ini oleh karena aku. Akan diserahkan oleh warga-warga kota Kehila itukah aku ke dalam tangannya? Akan datangkah Saul seperti yang telah didengar oleh hamba-Mu ini? Tuhan, Allah Israel, beritahukanlah kiranya kepada hamba-Mu ini.” Jawab Tuhan:”Ia akan datang.”  Kemudian bertanyalah Daud:”Akan diserahkan oleh warga-warga kota Kehila itukah aku dengan orang-orangku ke dalam tangan Saul?” Firman Tuhan:”Akan mereka serahkan.”

Mampukah kita bersikap seperti Daud saat menghadapi situasi tersebut? Daud tidak berputus asa atau “marah” kepada Tuhan. Sebaliknya ia mempercayakan diri dan pasukannya secara penuh dengan iman yang teguh kepada Tuhan yang dikenalnya.

Pemahaman
Ayat 1-4 : Dengan apa pemazmur menyamakan Tuhan sebagai tempat perlindungan yang kuat? Mengapa?

Ayat  5   :  Sekalipun musuh memasang perangkap untuk mencelakai dirinya, tetapi menurut pemazmur apa yang akan dilakukan Tuhan baginya? Menurut Sdr apakah Tuhan akan melakukan hal yang sama bagi kita?

Ayat 6-9 : Menurut Sdr mengapa pemazmur mau menyerahkan nyawanya ke dalam tangan Tuhan? Apakah itu ada kaitannya dengan meyakinkan pemazmur bahwa Tuhan peduli (ayat 8) dan Ia yakin Tuhan tidak akan menyerahkannya ke tangan musuh (ayat 9)?

Sedemikian yakin sang pemazmur akan Tuhannya, sehingga ia berani mempertaruhkan keselamatan dirinya di dalam tangan Tuhan yang bukan saja Maha Kuat, tetapi juga sangat peduli.

Refleksi
Apakah iman percayaku kepada Tuhan sedemikian teguh sebagaimana iman sang pemazmur?

Tekadku
Mengenal Tuhan lebih mendalam dan “mengalami”nya sebagai Tuhan yang membelaku dan peduli kepadaku.

Tindakanku
Lebih mendekatkan diriku kepadaNya dan memilih untuk mempercayakan segala perkara yang kuhadapi kepada Tuhan bukan lagi kepada manusia atau kekuatan-kekuatan lain. 

=====================================================================================

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Next Post
»