suplemenGKI.com

YESAYA 7:13-16

ALLAH PEMIMPIN HIDUP UMAT

 

Pengantar
Enam belas tahun bukanlah masa yang singkat. Selama enam belas tahun Ahas memimpin umat Allah dan memperlihatkan kepemimpinan yang sangat buruk. Mengabaikan perintah dan ketetapan Allah. Hidup tidak setia dihadapan Allah. Tidak ada keteladanan yang baik diperlihatkan oleh Ahas kepada kaum bangsanya. Yesaya menegur dan mengingatkan. Namun semua tidak diindahkan oleh Ahas.

Pemahaman

Ayat 13-14   Bagaimanakah Yesaya menanggapi penolakan dari Ahas? Nubuatan apa yang disampaikan Yesaya kepada Ahas ?

Ayat 15-16    Apakah yang menjadi tanda kedatangan Immanuel?

Yesaya menilai Ahas telah melelahkan Tuhan dan para nabi yang menegur dan memperingatkannya (ayat 13)Ahas memperlihatkan kesombongan dan keangkuhan. Ia merasa mampu menyelesaikan persoalannya sendiri. Dihadapan Allah, Ahas adalah pemimpin yang gagal. Ahas merupakan teladan  buruk bagi rakyatnya. Oleh karena itulah Allah memiliki rencana bagi Yehuda (ayat 14).

Yesaya menubuatkan rencana Allah melalui kedatangan Immanuel. Permulaan kehadiran Immanuel akan ditandai dengan kehancuran musuh-musuh Yehuda. Nubuatan Yesaya tentang “negeri yang kedua rajanya engkau takuti akan ditinggalkan kosong” menunjuk pada kehancuran musuh-musuh Yehuda (ayat 16). Nubuatan Yesaya ini menurut sejarah benar terjadi 15 tahun sesudah nubuatan ini disampaikan antara tahun 600 sM – 700 sM.

Kehadiran Immanuel merupakan pengharapan bagi umat Allah. Kehadiran-Nya akan menghadirkan keselamatan bagi segenap bangsa dan umat manusia. Ditengah-tengah kegelapan dunia dan banyaknya berbagai cobaan, manusia membutuhkan seorang pemimpin yang dapat menolong dan membimbing mereka.

Manusia tidak pernah dapat mengandalkan kekuatan dirinya. Ahas adalah contoh nyata kelemahan manusia. Allah adalah pemimpin umat-Nya. Allah memberikan keteladanan yang baik bagi umat. Allah juga mengarahkan umat ke jalan yang benar. Bahkan memberikan masa depan yang penuh damai sejahtera.

Refleksi
Sudahkah Allah menjadi pemimpin hidupku?

Tekadku
Ya Allah, pimpinlah hidup kami agar tidak tersesat oleh kegelapan dunia

Tindakan
Tekun dalam doa. Menyerahkan diri untuk dipimpin oleh Allah

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«