suplemenGKI.com

OBAJA 1:10-16

KONSEKUENSI ATAS TINDAKAN

 

Pengantar
Dalam hidup setiap tindakan yang dilakukan pastilah mengandung konsekuensi. Konsekuensinya bisa baik namun bisa juga buruk. Apabila tindakan yang dilakukan adalah tindakan kekerasan tentu akan ada konsekuensi atas tindakan kekerasan tersebut. Oleh karena itu menimbang segala perkara dan meminta hikmat sebelum bertindak merupakan sikap hidup orang benar.

Pemahaman

Ayat 10-16           Apakah yang telah dilakukan oleh Edom ? Apakah akibat dari tindakan mereka?

Edom dan Yehuda sejak semula merupakan dua saudara. Namun perjalanan panjang kedua bangsa ini diwarnai oleh konflik yang tidak usai. Obaja menubuatkan hukuman atas Edom oleh karena tindakan mereka yang tidak berkenan dihadapan Allah. Dari Nubuatan Obaja dengan jelas terlihat hal-hal negatif yang telah dilakukan oleh Edom, seperti : melakukan tindakan kekerasan dan semena-mena terhadap Yehuda. Hal ini tentu dipandang hina oleh Allah. Allah sangat murka dan memutuskan untuk menghukum Edom.

Tindakan Edom mengandung konsekuensi. Mereka mendapat hukuman dari Allah atas tindakan dan perbuatan mereka. Umat Allah diajak untuk melihat kembali bahwa dalam menjalani hidup sebagai orang beriman, menimbang segala perkara dan meminta hikmat adalah hal-hal yang harus dilakukan, mengapa ? Jangan sampai umat terjebak pada tindakan-tindakan yang melukai hati Allah. Allah memang Allah yang penuh kasih. Namun Allah juga adalah Allah yang adil. Allah tentu tidak akan membiarkan umat yang dikasihi-Nya melakukan tindakan-tindakan yang menyakiti sesamanya dan juga menyakiti hati Allah.

Bacaan hari ini mengajak umat Allah untuk mengintropeksi diri. Melihat adakah hal-hal negatif telah dilakukan dalam hidup sehari-hari. Tentu masih ada waktu untuk umat berubah dan memperbaiki semuanya. Ditengah kondisi jaman saat ini, memang tidaklah mudah untuk mengendalikan diri. Kadang kala umat lupa memohon bimbingan dan hikmat. Bahkan ada juga yang justru mengabaikannya. Akibatnya sikap hidup yang dibangun adalah sikap hidup yang negatif dan tidak berkenan dihadapan Allah. Satu hal yang harus diingat adalah setiap tindakan mengandung konsekuensi.

Refleksi
Dalam hidup sehari-hari hikmat dari Allah merupakan pandu bagi setiap umat Allah. Tanpa hikmat dari Allah tentu hidup tidak akan terkontrol dengan baik. Kedagingan dan hawa nafsu merajalela dan akan memandu setiap orang menuju kehancuran. Oleh karenanya setiap hari umat didorong untuk meminta hikmat dari Allah dan meminta bimbingan dari Roh Kudus.

Tekadku
Ya Allah, anugerahkanlah kepada kami hikmat yang dari pada-MU. Agar kami selalu waspada dan memperhatikan setiap ucapan dan tindakan kami. Menimbang segala sesuatu sebelum bertindak dan tidak membiarkan kedagingan yang memimpin hidup kami.

Tindakanku
Membawa segala sesuatu dalam doa, baik rencana-rencana kehidupan dan hal-hal yang akan dikerjakan setiap hari.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«