suplemenGKI.com

Mazmur 98

SUKACITA KARENA PERBUATAN TUHAN

 

Pengantar
Ada banyak cara untuk menyatakan dan merayakan sukacita. Walau secara lahiriah tampak atau terlihat adanya sukacita namun apa yang ada dibalik pernyataan dan perayaan  itu dapat berbeda. Perbedaan itu terletak pada apa yang dipikirkan dan direnungkan sebagai sumber sukacita tersebut. Mungkin hal itu dapat terungkap lewat sorak-sorai, nyanyian, ataupun alunan musik yang sungguh semarak, tapi yang terlebih penting adalah apa yang sesungguhnya menjadi sumber sukacita tersebut.  Maka mari kita memperhatikan apa yang dinyatakan dalam Mazmur 98 sebagai contoh pernyataan sukacita yang sejati. 

Pemahaman
Ayat  1 – 3 :  Apa yang telah dilakukan TUHAN bagi umat-NYA ?
Ayat  4 – 6 :  Bagaimana pengambaran tentang sukacita yang dinyatakan umat TUHAN ?
Ayat  7 – 9 :  Mengapa semesta alam turut bersukacita ?

TUHAN telah melakukan perbuatan-perbuatan ajaib untuk menyelamatkan umat-NYA. TUHAN memperkenalkan keselamatan yang dinyatakan sebagai perwujudkan keadilan dan kebenaran. Semua  itu adalah bukti nyata kasih setia TUHAN terhadap umat-NYA.

Atas Keselamatan yang dianugerahkan TUHAN, maka  umat TUHAN diserukan untuk bersorak-sorai, bermazmur, bermusik, dan bernyanyi  bagi TUHAN. Umat TUHAN diajak untuk bersukacita karena apa yang telah dilakukan TUHAN bagi mereka.

Semesta alam turut bersukacita karena TUHAN akan datang menghakimi dunia dengan keadilan dan kebenaran. Dengan demikian, Mazmur ini juga digubah untuk merayakan terwujudnya keadilan dan kebenaran di bumi.

Refleksi
Marilah kita memikirkan, apa yang selama ini menjadi sumber sukacita kita. Apakah karena mengalami dan menghayati karya keselamatan TUHAN? Apakah karena adanya keadilan dan kebenaran TUHAN yang terwujud ? atau karena keberhasilan kita, dan terpenuhinya harapan serta kehendak kita.

Tekad
Ya TUHAN, ajarlah saya untuk dapat memikirkan karya keselamatan yang TUHAN anugerahkan, juga kebenaran dan keadilan yang TUHAN janjikan sebagai sumber sukacita sejati.

Tindakan
Hari ini, saya akan berusahan mewujudkan sukacita dengan lebih berpusat pada perbuatan TUHAN dan bukan pada  keberhasilan yang saya perbuat.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«