suplemenGKI.com

Selasa, 12 Mei 2020

11/05/2020

PILIHAN IMAN YANG TEPAT

Amsal 3 : 5 – 12

PENGANTAR
Dalam hidup ini, kita seringkali  diperhadapkan dengan pilihan-pilihan. Walaupun kadangkala pilihan-pilihan itu tidak mudah, namun kita harus menentukan pilihan tersebut. Baik untuk hal-hal yang sepele/sederhana misalnya : memilih pakaian, sepatu, alat tulis, kosmetik dan lain sebagainya.
Atau untuk memilih hal-hal yang penting seperti : study, pekerjaan, jodoh dan lain sebagainya. Bahkan pilihan tersebut, termasuk hal yang paling prinsip dalam hidup kita. Apa itu ? Itu adalah iman.

Bacaan kita hari ini akan mengajar kepada kita untuk melakukan pilihan yang tepat berkenaan dengan iman. Marilah kita belajar bersama.

PEMAHAMAN

  1. Dalam hal apa saja kita harus menentukan pilihan ? ( ayat 5-7 )
  2. Dalam hal apa saja kita harus memuliakan Allah ? ( 9-10 )
  3. Bagaimana sikap orang percaya kepada didikan Tuhan ? ( ayat 11-12 )

Dalam ayat 5 dikatakan “Percayalah kepada Tuhan dengan segenap hatimu”, ayat 6 dikatakan, “Akuilah Tuhan dalam segala lakumu”, sedangkan ayat 7, “takutlah akan Tuhan”. Jika kita perhatikan dengan seksama maka, percaya, mengakui dan takut akan Tuhan merupakan pilihan bagi semua orang percaya. Bahkan itu merupakan pilihan penting dan utama dalam kehidupan umat percaya. Memilih untuk percaya kepada Tuhan adalah pilihan yang utama sehingga dilanjutkan dengan penjelasan keterangan, “jangan bersandar kepada pengertianmu sendiri”. Akuilah Dia dalam segala lakumu, merupakan pilihan dalam bertindak/berperilaku, memilih dibimbing Tuhan atau tidak. Takutlah akan Tuhan merupakan pilihan untuk melakukan perintah Tuhan atau melakukan yang jahat.

Dalam ayat 9 dikatakan, “muliakanlah Tuhan dengan hartamu”. Apa yang dimaksud dengan harta ? Harta adalah sesuatu yang sangat berharga dan bernilai. Seringkali harta dikaitkan dengan sesuatu yang berbentuk material ( emas, uang dll ). Dalam Alkitab PB memberikan makna yang lebih dalam. Bahwa harta yang dimiliki seorang percaya adalah Hidup mereka sendiri (Seluruh hidupnya/totalitas hidup) mencakup segala hal yang berhubungan dengan hidup kita untuk memuliakan Tuhan. Kita harus memilih untuk memuliakan Tuhan atau tidak.

Ayat 11-12 berbicara tentang, didikan, teguran dan peringatan Tuhan melalui segala hal yang terjadi dalam hidup kita, bertujuan agar kita semakin dekat kepada-Nya, semakin memiliki pengetahuan yang benar akan Dia dan kebenaran Firman-Nya. Disini kita juga harus memilih, mau dididik, diperingatkan Tuhan atau tidak ? Pilihan ada di tangan anda.

REFLEKSI
Marilah kita merenungkan : Jika anda harus memilih untuk percaya kepada Tuhan atau tidak, memuliakan Tuhan atau tidak, bersedia dididik Tuhan atau tidak, mana yang anda pilih ?

TEKADKU
Ya Tuhan, berilah hikmat-Mu agar saya dapat memilih pilihan iman yang tepat.

TINDAKANKU
Saya akan memilih untuk percaya kepada Tuhan dan memuliakan Tuhan.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«
Next Post
»