suplemenGKI.com

BAHAGIA DALAM PENGGEMBALAAN TUHAN

Mazmur 23

 

Pengantar
Di tepi hutan berkumpul beberapa binatang yang saling bercerita tentang apa yang paling membahagiakan dan membanggakan dalam hidup mereka. erapah bangga dan bahagia dengan lehernya yang panjang sehingga dapat melihat dari ketinggian dan menjangkau makanan yang di tempat tinggi. Ayam jantan bangga dan bahagia dengan suara kokok yang nyaring membangunkan semua makhluk di pagi hari. Singa bangga dan bahagia dengan kekuatannya sehingga berjulukan si raja hutan. Lalu bagaimana dengan si domba, apa yang ia banggakan dan membuatnya bahagia? Semua hewan menanti pernyataannya. Ternyata si domba menyatakan bahwa ia bangga dan bahagia karena memiliki gembala yang baik. Pernyataan yang lebih nyata dari cerita si domba itu adalah apa yang diungkapkan dalam Mazmur 23 yang kita baca pada hari ini. Mari kita merenungkannya.

Pemahaman

Ayat  1 – 3   :  Bagaimana bahagianya hidup dalam asuhan Gembala yang baik?

Ayat  4 – 5   :  Apa yang menjadi kekuatan dalam kekelaman maupun ancaman?

Ayat 6          :  Mengapa merindukan diam di rumah TUHAN sepanjang masa?

Kebahagiaan hidup dalam asuhan Gembala yang baik, yaitu TUHAN, bukan karena banyaknya hal yang akan dan dapat kita miliki, tetapi adanya ketentraman lahir batin bahkan tuntunan di jalan yang benar. Semuanya itu terwujud dalam ketercukupan hidup melalui sumber makanan yang berkualitas dan aman yang digambarkan dengan rumput hijau dan air tenang yang memberi kesegaran bagi jiwa.

Bahkan jika berada dalam lembah kekelaman, tidak ada rasa takut, karena TUHAN menjadi pelindung yang memberi penghiburan serta memberi kelimpahan berkat di hadapan para lawan. Jadi justru dalam suasana sulit muncul keimanan yang kuat, bahkan mempersaksikan berkat penyertaan TUHAN yang penuh kuasa.

Itu semua memunculkan sebuah kerinduan untuk diam dalam rumah TUHAN sepanjang masa, karena akan terus ada kebajikan dan kemurahan yang menyertai seumur hidup kita. Bukan karena hidup tanpa tantangan dan pergumulan, tetapi karena sekalipun tantangan dan pergumulan datang mewarnai ketenangan hidup kita, tapi ada Gembala yang baik yang terus menyertai sepanjang masa.

Refleksi
Dalam keheningan hati dan pikiran marilah kita bertanya:

  • Apakah kita bahagia hidup dalam pemeliharaan TUHAN?
  • Seberapa kuat iman kita ketika berada dalam situasi sulit dan bahaya?
  • Masihkan kita memiliki kerinduan untuk tetap diam di dalam TUHAN?

Tekadku
Ya TUHAN, ajarkanlah saya untuk mampu bahagia dan besyukur atas pemeliharaan-MU, dan berlindung penuh dalam berbagai goncangan dan badai kehidupan.

Tindakanku
Pada hari ini, saya ingin berbagi satu kebahagiaan karena pemeliharaan TUHAN dengan orang lain.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«