suplemenGKI.com

KEJADIAN 32:27-31

BERUBAH DEMI MASA DEPAN

 

Pengantar
Shakespeare boleh saja berpendapat:“What is in a name?” (Apa arti sebuah nama?), tapi berdasarkan kenyataan nama bukan sekedar nama. Setiap nama punya arti atau makna.Nama Yakub dalam bahasa Ibrani Ya?aqovyang berarti lahir sambil memegang tumit. Peristiwa pergulatan Yakub mengubah nama Yakub menjadi Israel. Apakah makna perubahan nama Yakub menjadi Israel? Dan apa dampak terbesar peristiwa di tepi sungai Yabok bagi kehidupan Yakub? Teks bacaan hari ini akan menolong umat menemukan jawaban atas pertanyaan tersebut.

Pemahaman

Ayat 27-29    Apa nama baru yang diberikan kepada Yakub dan apa maknanya ?

Ayat 30-32    Apa nama tempat terjadinya peristiwa pergulatan Yakub ?

Dalam pergulatan itu nama Yakub berubah menjadi Israel (ayat 27-28).Israel dalam bahasa ibrani yisra’el yang berarti bergumul dengan Allah. Perubahan nama ini mengisyaratkan perubahan watak dan karakter Yakub. Yakub yang awalnya memiliki masa lalu yang kelam menjadi Israel yang menyerahkan hidup dan kehidupannya kepada Allah. Dalam teks juga diceritakan bahwa laki-laki yang bergulat dengan Yakub kemudian memberkati Yakub (ayat 29). Berkat yang diberikan merupakan simbol janji berkat dari Allah bagi Israel dan keturunannya.

Yakub memberi nama Pniel untuk tempat dimana dia telah bergulat dengan Allah (ayat 30-31). Yakub sadar bahwa dia bisa saja mati ketika berhadapan muka dengan Allah. Namun hal itu tidak terjadi. Allah memberikan kesempatan kedua bagi Yakub untuk memberi diri diubah dan berubah. Oleh karena Allah memiliki rencana besar bagi Israel dan keturunannya.

Apa yang akan terjadi jika Yakub tidak disapa Allah melalui pergulatannya di tepi sungai Yabok? Yakub akan tetap hidup dalam masa lalu yang kelam dan tidak memiliki masa depan yang jelas. Mungkin juga bangsa Israel tidak akan pernah ada. Pergulatan Yakub telah mengubah dirinya menjadi sosok manusia yang baru. Tidak lagi mengikuti nafsunya namun menjadi manusia yang taat dan hanya bersandar pada Allah. Yakub bersedia untuk diubah dan berubah. Yakub sadar bahwa hanya dengan mengubah diri dan kehidupannya ada masa depan yang penuh damai sejahtera.

Refleksi
Sudahkah kita memiliki kemauan untuk berubah seperti Yakub? Ataukah kita masih hidup dibawah bayang-bayang dosa ?

Tekadku
Ya Allah ajar kami belajar seperti Yakub bersedia untuk memberi diri diubah dan berubah. Jangan biarkan kami hidup dalam kedagingan dan nafsu duniawi

Tindakanku
Tekun mempelajari firman Tuhan dan tekun dalam doa.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«