suplemenGKI.com

2 Tesalonika 2:1-10

“KEMENANGAN SURGAWI”

PERTANYAAN PENUNTUN PEMAHAMAN ALKITAB

Rasul Paulus sedang menghadapi jemaat Tesalonika yang dibingungkan dengan berita bahwa hari Tuhan telah tiba. Kebingungan itu terjadi karena nubuatan, laporan orang-orang tertentu dan juga karena kesalahpahaman dalam mengerti surat Paulus. Namun perhatian Paulus bukan bagaimana berita itu sampai pada mereka tetapi lebih kepada isi pemberitaan itu.

1. Ayat 3: Tanda-tanda apa yang akan mendahului datangnya hari Tuhan?

2. Ayat 4, 9, 10: Apa saja yang dapat Anda ketahui mengenai karakteristik si pendurhaka (men of lawlessness) tersebut seperti yang dijelaskan Paulus?

3. Ayat 7: Kapan kedurhakaan itu akan terjadi? Dengan berjalannya waktu, apakah si pendurhaka itu akan bekerja makin giat atau sebaliknya? Mengapa demikian?

4. Ayat 8: Bagaimana nasib si pendurhaka itu saat Yesus datang kembali?

5. Pada saat Anda merenungkan hal ini, pikiran/perasaan apa yang muncul dalam diri Anda saat Anda mengetahui bahwa zaman ini akan makin hebat dengan pemberontakan dan kedurhakaan?

RENUNGAN

Rasul Paulus menjelaskan bahwa hari Tuhan belumlah tiba karena tanda-tanda yang mendahuluinya belum terjadi sepenuhnya. Tanda yang dibicarakan Paulus di sini adalah terjadinya kemurtadan (pemberontakan) dan munculnya pendurhaka. Ini hasil pekerjaan Iblis yang dimunculkan dalam bentuk perbuatan-perbuatan ajaib, tanda dan mujizat palsu. Pendurhaka akan menebarkan pesonanya untuk menyeret orang dalam kesesatan.

Hal-hal seperti ini sudah terjadi sejak zaman Paulus dan akan makin meningkat kesesatannya. Yang terjadi sekarang belum sepenuhnya karena ada yang menahan. Paulus tidak menjelaskan siapa/apa yang menahan kekuatan si pendurhaka, namun yang pasti penahan yang dimaksudkan di sini berusaha melawan kejahatan/kesesatan tersebut demi sesuatu yang lebih baik. Akan ada waktunya kita menjumpai pemberontakan dan kekuatan pendurhaka itu memuncak dan akhirnya Yesus sendiri yang akan menghancurkannya.

Merenungkan bagian ini kita diingatkan bahwa:

· Kita hidup dalam dunia yang sedang bertarung antara kuasa Iblis/kejahatan dan kuasa Tuhan. Ada dua program yang sedang bekerja di dunia sekarang ini: program keselamatan dari Allah dan program dosa dari Iblis. Cara kerja Iblis tidak selalu sesuatu yang nampak kejam, tetapi justru melalui cara-cara halus seperti mujizat, tanda-tanda dan pengajaran yang memuaskan kebutuhan manusia itu sendiri dan akhirnya menjauhkan orang dari Allah, melalui tren gaya hidup dan budaya. Bila kita menyangkali adanya kuasa jahat yang sedang bekerja, kita seperti orang yang membenamkan kepala dalam pasir;

· Kita harus berhati-hati tetapi tidak menjadi ketakutan sebab Allah menguasai segala keadaan dan kemenangan mutlak ada di pihak Allah. Karena itu dalam pergumulan hidup di dunia, janganlah terlena dengan daya tarik Iblis yang hanya menawarkan ‘kemenangan’ sementara. Mulai dari sekarang kita berdiri di pihak Allah walau sepertinya itu membuat kita ‘kalah’ di dunia ini, namun kita sedang berjalan dalam kemenangan yang sesungguhnya bersama Tuhan.

Kekalahan demi kekalahan karena tidak mengikuti keinginan dunia

adalah langkah-langkah Anda menuju kemenangan surgawi.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«