suplemenGKI.com

1 Yohanes 5:13-15

IMAN DAN DOA

 

PENGANTAR
Pernahkah Anda berjumpa dengan seseorang yang kecewa terhadap Tuhan dan imannya menjadi goyah, atau bahkan meninggalkan Tuhan, karena doanya tidak dikabulkan? Mengapa hal itu bisa terjadi? Seperti apakah hubungan antara keyakinan seseorang akan keselamatannya dengan sikap dan caranya berdoa? Melalui bacaan hari ini kita akan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut agar kita memiliki iman yang teguh dan menaikkan doa kita dengan pemahaman dan sikap yang benar.

PEMAHAMAN

  • Ay. 13.        Apa tujuan Yohanes menulis suratnya? Mengapa itu penting bagi mereka? Apa hubungannya dengan dua tujuan yang telah disebutkan sebelumnya di pasal 1:4 dan pasal 2:1?
  • Ay. 14-15. Apa hubungan antara keyakinan keselamatan dengan doa? Benarkah bahwa Tuhan akan mengabulkan semua doa kita?

Sebelum ini, Yohanes telah dua kali menyebutkan tujuannya menulis surat. Pertama, agar dia mendapatkan sukacita yang sempurna (1:4). Kedua, agar mereka menang melawan dosa (2:1). Dalam bacaan hari ini, dia menuliskan tujuan yang ketiga, yaitu agar mereka tahu bahwa mereka telah memiliki hidup yang kekal (5:13). Tentu saja, tujuan ketiga ini berhubungan dengan dua tujuan yang dituliskan sebelumnya. Yohanes akan bersukacita jika mereka berhasil mengalahkan dosa dan menjalani kehidupan sebagai orang-orang yang akan menerima hidup kekal. Hal yang terakhir ini mendapatkan perhatian khusus dari Yohanes. Pada waktu itu ada banyak ajaran palsu yang membuat mereka ragu mengenai keselamatan mereka. Untuk meneguhkan iman mereka, Yohanes menegaskan bahwa mereka yang percaya kepada Kristus telah memiliki hidup yang kekal.

Keyakinan akan keselamatan berdampak terhadap sikap dan cara seseorang berdoa. Jika kita yakin akan keselamatan kita, maka kita juga yakin bahwa Allah mengasihi kita. Karena itulah kita percaya bahwa Allah mendengarkan doa kita. Keyakinan itulah yang membuat kita berani berbicara dengan jujur dan membawa diri kita apa adanya di hadapan Allah. Keyakinan itu juga yang membuat kita berani meminta sesuatu yang sesuai dengan kehendak-Nya, bukan keinginan kita sendiri. Kita tahu bahwa keinginan kita tidak selalu sama dengan kehendak-Nya. Dengan pemahaman seperti inilah kita percaya bahwa Tuhan akan mengabulkan doa kita. Bahkan, kita dapat percaya bahwa kita telah memperoleh segala sesuatu yang telah minta kepada-Nya, meskipun mata jasmani kita belum melihatnya. 

REFLEKSI
Kita yakin akan keselamatan kita dan yakin bahwa Tuhan mendengarkan doa kita karena kita percaya bahwa Tuhan mengasihi kita. Karena itu, kita perlu menjaga dan merawat iman kita agar kita tidak meragukan kasih-Nya. 

TEKADKU
Tuhan, tolonglah aku agar semakin mengenal kasih-Mu, dan teguhkanlah imanku agar aku dapat berdoa dengan tulus kepada-Mu. 

TINDAKANKU
Aku akan membuat daftar berbagai hal yang telah aku alami dalam hidupku, yang merupakan wujud nyata kasih Tuhan kepadaku. Dalam waktu terdekat, aku akan bersaksi mengenai kasih Tuhan yang telah aku alami itu.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«