suplemenGKI.com

Ulangan 30:19-20

BUKAN SEKEDAR MEMILIH TAPI JUGA BERTANGGUNGJAWAB

 

Pengantar
Perintah Allah kepada orang Israel sangat jelas disampaikan oleh Musa. Allah menuntut umat hidup dalam kekudusan. Berbagai ketetapan dalam hukum Taurat dan berbagai perintah lainnya diberikan agar umat tidak hidup seperti keinginan mereka sendiri tetapi keinginan Allah.

Pemahaman

Ayat 19-20           Penegasan apa yang Allah sampaikan kepada umatNya ?

Allah memperhadapkan pilihan kepada bangsa Israel, manakah jalan yang hendak dipilih? Apakah berpaut pada Allah atau menyimpang dari Allah ? Allah memanggil langit dan bumi menjadi saksi antara Allah dengan umat-Nya. Hal ini bentuk ketegasan Allah atas pilihan yang harus dibuat oleh bangsa Israel (ayat 19-20). Allah tidak ingin umat mendua hati. Umat harus menentukan mana yang hendak dijalani. Melalui pilihan-pilihan itu Allah hendak mengajarkan umat tentang dua hal:

  1. Allah tidak pernah main-main dengan keputusan-NYA. Keputusan yang diambil Allah konsisten dan tidak berubah. Umat juga harus konsisten terhadap keputusan yang hendak dibuatnya
  2. Allah menghendaki umat menyadari konsekuensi atas pilihan itu. Allah menuntut pertanggungjawaban atas pilihan yang dibuat. Umat harus berani bertanggungjawab atas pilihannya.

Seringkali saat umat diperhadapkan pada pilihan-pilihan, dan tanpa pertimbangan semata karena dorongan emosional, mengambil keputusan yang keliru. Namun konsekuensi atas kekeliruan itu tidak bersedia diterima dan mencari kambing hitam. Atau seringkali juga pilihan yang diambil sudah tepat namun tidak dilaksanakan atau dilakukan. Pilihan apapun yang sudah kita pilih mengandung konsekuensi, menyenangkan atau tidak setiap konsekuensi harus diterima sembari melakukan evaluasi dan refleksi diri.

Bacaan hari ini mengajarkan kepada setiap kita untuk bertanggungjawab pada setiap pilihan yang sudah kita tetapkan. Sadar atau tidak seringkali kita mengambil keputusan yang keliru, kita jatuh, kita terpuruk,  akibat kesalahan dari pilihan kita. Saat itu kita seringkali mempersalahkan orang-orang disekitar kita. Istri, suami, anak-anak, orangtua, kakak, adik, orang-orang dipesekutuan kita, tetangga kita bahkan Allah seringkali kita persalahkan.

Hari ini firman Allah mengingatkan umat Allah untuk bertanggungjawab penuh atas setiap keputusan yang sudah dibuat. Oleh karena itu, sebelum menetapkan pilihan pikirkan dengan matang. Minta hikmat dari Allah. Allah menghendaki kita mengambil keputusan yang baik, supaya kasih Allah menaungi kehidupan kita.

Refleksi
Setiap pilihan mengandung konsekuensi. Setiap pilihan yang dibuat juga harus dikerjakan dan dihadapi dengan tanggungjawab. Pilihan yang salah tidak menjadi alasan untuk mempersalahkan orang lain bahkan Allah. Setiap pilihan yang salah harus diperbaiki dengan mengevaluasi diri dan meminta hikmat dari Allah

Tekadku
Ya Allah, tolong kami untuk tidak mengambil keputusan atau pilihan yang salah. Ajar kami untuk selalu mendengarkan perintah-Mu dan kehendak-Mu. Mampukan kami untuk bertanggungjawab atas setiap pilihan yang kami sudah buat.

Tindakanku
Selalu berpedoman pada firman Allah dalam memilih dan mengambil keputusan. Berkomitmen terhadap pilihan yang sudah diambil.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«