suplemenGKI.com

Keluaran 32:11-14

 

Doa Syafaat Bagi Yang Berdosa Dan Terhilang

 

Pengantar
Bangsa Israel, yang telah mengalami kasih karnuia Tuhan yang luar biasa, bisa-bisanya meninggalkan Tuhan dan menyembah allah lain dengan membuat patung anak lembu dari emas tuangan. Mereka bahkan berani mengatakan, bahwa allah yang mereka sembah dalam wujud patung anak lembu itulah yang telah menuntun mereka keluar dari tanah Mesir (Keluaran 32:8). Itulah sebabnya Tuhan Allah menjadi sangat murka dan bertekad memusnahkan mereka (Keluaran 32:10) ketika melihat betapa tegar tengkuk bangsa yang dikasihiNya. Apa yang kemudian dilakukan oleh Musa untuk menyelamatkan Bangsa Israel yang telah berdosa terhadap Tuhan Allah?

Pemahaman

Ayat 11                 : Apa yang dilakukan oleh Musa untuk mengurungkan niat Tuhan memusnahkan  Bangsa Israel? Apa alasan yang dikemukakan oleh Musa?

Ayat 12-13           : Alasan apa lagi yang dikemukakan oleh Musa dalam ayat 12 dan 13 agar Allah  mau mengurungkan niatnya memusnahkan umat Israel?

Ayat 14                 : Apakah Musa berhasil meredakan amarah Tuhan Allah? 

Musa dalam menaikkan doa syafaat, begitu bersungguh-sungguh sampai-sampai ia mempertaruhkan namanya agar dihapus saja dari kitab Tuhan sebagai ganti pengampunan dosa Bangsa Israel (bacalah Keluaran 32:31-32).  Bandingkan peran Musa dengan peran Kristus sebagai pengantara dan pendamai bagi yang berdosa dan terhilang, sebagaimana ditulis dalam I Yohanes 2:1-2. 

Refleksi
Kasih pada sesama yang dihayati dengan sungguh-sungguh akan menimbulkan kerinduan dalam diri kita untuk menjadi pendoa syafaat bagi yang berdosa dan terhilang agar mereka dapat diselamatkan. “Dan doa yang lahir dari iman akan menyelamatkan orang sakit itu dan Tuhan akan membangunkan dia; dan jika ia telah berbuat dosa, maka dosanya itu akan diampuni” (Yakobus 5:15). 

Tekadku
Belajar untuk meneladani para tokoh Alkitab yang menjadi pendoa syafaat bagi bangsa mereka dan terutama dari Kristus yang rohNya telah tinggal dalam diri setiap orang percaya. 

Tindakanku
Mulai menaikkan doa-doa syafaat secara lebih sungguh-sungguh, dengan sepenuh hati bagi anggota keluarga, sahabat, teman, orang-orang disekitar kita yang masih belum mengenal Kristus, yang berdosa dan terhilang. Membentuk atau bergabung dengan kelompok pendoa syafaat yang berdoa bagi kota dan negara, bagi masyarakat dan bangsa.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«