suplemenGKI.com

Yesaya 25:2-3, 6-9.

RENCANA ALLAH BAGI “MUSUH” KITA

PENGANTAR
Pernahkah Anda mendoakan musuh Anda? Mengapa kita cenderung malas berdoa bagi mereka? Salah satu penyebabnya adalah karena kita tidak menyukai mereka, atau malah membenci mereka. Tentu saja, ini wajar. Namun, kita sering lupa bahwa Allah juga mengasihi mereka dan mempunyai rencana yang agung bagi mereka. Jika kita menyadari hal ini, mungkin kita akan mampu menepis perasaan negatif kita dan berusaha mendoakan mereka dengan lebih sungguh-sungguh. Bayangkan, betapa kita akan bersukacita jika kita dipakai Allah untuk menyatakan kasih dan rencana-Nya bagi mereka.

PEMAHAMAN

  • Ay. 2. Apa dan siapakah yang disebut sebagai ”kota” di ayat ini? Bagaimana sifat dan karakteristik mereka? Apa yang akan terjadi pada mereka.
  • Ay. 3. Baca juga ayat 6-9. Mengapa pada akhirnya mereka juga memuliakan Allah dan takut akan Allah? Apa yang dapat Anda pelajari mengenai rencana Allah bagi mereka?

Istilah “kota” yang digunakan di ayat 2-3 merupakan simbol dari masyarakat yang dikelola tanpa rasa hormat dan takut akan Tuhan (lihat 24:10-13), mirip dengan istilah “dunia” yang sering digunakan di Perjanjian Baru. Seorang tokoh gereja yang bernama Clements menjelaskan, “Kota yang kehancurannya dinubuatkan di Yes. 25:1-5 … mewakili kekuatan-kekuatan jahat yang dikelola dengan cara yang berlawanan dengan umat Allah yang setia.” Jadi, kota yang disebutkan di ayat 2 ini tidak harus menunjuk pada sebuah kota khusus, melainkan sebuah masyarakat pada umumnya yang hidup dengan cara yang bertentangan dengan kehendak-Nya. Kota atau masyarakat semacam ini biasanya juga melindungi diri mereka dengan berbagai bentuk kekuatan fisik (militer)  dan materi (finansial). Namun, semua kekuatan itu tidak ada artinya di hadapan Tuhan. Yesaya menubuatkan, “… kota yang berkubu itu menjadi reruntuhan.”

Kata sambung “oleh karena itu” di awal ayat 3 perlu mendapat perhatian khusus. Kehancuran kota yang kuat dan gagah (artinya, penindas) itu bukan semata-mata untuk menyelamatkan umat-Nya dari penindasan mereka. Tuhan juga mempunyai rencana yang agung bagi mereka. Tuhan menghancurkan mereka agar mereka berbalik kepada Tuhan, memuliakan Tuhan dan takut akan Dia.

Dalam kehidupan kita di masa kini, kita juga sering berjumpa dengan “musuh-musuh yang kuat”. Kita memang tidak dapat sepenuhnya menghindar dari mereka. Namun, jika harus berhadapan dengan mereka, ada dua hal yang kita pelajari hari ini: 1) Tuhan akan menolong kita mengalahkan mereka, dan 2) Tuhan juga mempunyai rencana yang agung bagi mereka.

REFLEKSI
Bahkan terhadap orang-orang yang paling jahat di muka bumi ini, Tuhan juga mempunyai rencana yang agung bagi mereka. Masihkah Anda layak menghakimi mereka dengan cara pandang Anda sendiri?

TEKADKU
Ya Tuhan, berilah aku kekuatan untuk menghadapi orang-orang yang memusuhi aku dan ingatkanlah aku selalu bahwa Engkau juga mempunyai rencana yang agung bagi mereka.

TINDAKANKU
Dalam seminggu ini aku akan mendoakan seseorang yang paling membenci/ memusuhi aku.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«